Senin, 29 April 2013

BAGAIMANA MEMBACA JURNAL ATAU BUKU TEKS


Untuk membaca jurnal atau teks diawali dengan “Judul” kita lihat apakah judulnya menarik atau tidak. Menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema / topik yang akan baca atau tidak.
Misal : kita ingin mencari teori/jurnal tentang hipertensi dan yang berhubungan dengan hipertensi, maka judul buku/jurnal yang kita cari adalah tentang hipertensi.
Apabila kita sudah menemukan judul yang sesuai, maka kita lihat review penulisnya (Riwayat singkat), sehingga kita tahu penulisnya berbobot apa tidak. Riwayat penulis biasanya ada di halaman sampul belakang, atau halaman terakhir.
Kita bisa juga melihat bobot penulis dari hasil karya/tulisan orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka kita bisa simpulkan kalau penulis tersebut cukup baik, kalau tidak berbobot penulisnya maka cari yang lain.
Setelah mengetahui bahwa penulisnya baik, maka baca ringkasan buku tersebut, kalau tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema/topi yang kita cari maka bisa kita lanjutkan membacanya.
Dalam ringkasan (summary) yang kita lihat adalah :
  • ·         Teorinya
  • ·         Konsep berpikir
  • ·         Epidemiologi
  • ·         Kejadian biologisnya
  • ·         Metodologisnya
  • ·         Hasil penelitiannya.

Berikut ini mari kita pelajari tentang hal-hal apa yang harus kita baca pada setiap bagian dari jurnal/buku teks.


Yang harus anda temukan dalam membaca buku adalah : “KELEMAHAN DARI PENELITIAN PENULIS”, kadang penulis ada yang menulis kelemahan penelitiannya, tapi ada juga yang tidak menuliskannya.

BAGAIMANA CARA MEMBACA CEPAT ?



Menurut Patricia Skalka :
Membaca cepat bisa dilakukan dengan scanning, artinya kita baca bukan tiap-tiap kata / kalimat, tetapi kita lihat secara cepat tiap-tiap halaman.
Kemudian setiap ketemu bagian yang rumit maka kita baca perlahan, kalau perlu diulang-ulang sampai kita paham maksudnya.
Membaca bisa vokalisasi atau dalam hati, tergantung pada kebiasaan kita, bila kita senang vokalisasi (disuarakan) maka jangan segan-segan untuk disuarakan, tetapi untuk scanning biasanya dibaca dalam hati.

 
Kemudian selanjutnya adalah strategi mencari kepustakaan :
 
Bagaimana mencari literatus di internet ?
Untuk mencari literatur di internet ada beberapa langkah, yaitu :
·         Kalau sudah tahu alamat webnya (URL), maka kita bisa langsung masuk ke URL tersebut.
·         Kalau kita belum tahu URL (alamat webnya), maka kita minta bantuan “mesin pencari” yang ada di internet, misal : google, maka kita ketik URL : http://www.google.co.id atau http://www.google.com (untuk mengetik keyword sebaiknya jangan satu kata, tetapi ketik 2-4 kata)
misal: untuk mencari referensi tentang hipertensi dengan karakteristik dan keteraturan berobat, maka kita ketik : hipertensi umur berobat teratur.
·         Kemudian dikolom pencarian kita ketik kata kuncinya (keyword), selanjutnya akan keluar beberapa judul, silahkan klik masing-masing judul satu persatu untuk melihat kesesuaian isi dengan maksud kita.

PERTANYAAN :
1.      Bagaimana saudara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak ?
2.      Bagaiman caranya kita menentukan penulis buku itu baik atau tidak ?
3.      Bagaimana caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari ?
TULIS JAWABAN SAUDARA DI KOLOM KOMENTAR !!!

69 komentar:

Anonim mengatakan...

rusmiyati hadir pak

Anonim mengatakan...

RUSMIYATI/12320201.P
1.Sebuah jurnal/tesk dapat dikatakan baik pertama kita lihat dari judul, kemudian kita review, dari hasil tersebut dapat dilihat tokoh terkenal siapa saja dan teori apa yang digunakan. setelah itu dapat kita lihat manfaat dari penelitian yang dilakukan. Sehingga dapat diketahui valid tidaknya jurnal tersebut, dapat dikatakan baik apa bila hasil ahirnya valid.
2. Seorang penulis dikatakan baik/berkualitas dari hasil karyanya tersebut banyak digunakan orang lain sebagai referesi.

Anonim mengatakan...

Rusmiyati.....
Lanjutan no.3
Kita dapat mengetahui isi dari jurnal tersebut sama atau tidak dengan tema yang kita cari adalah dengan melihat tema/rumusan masalah yang digunakan penulis kemudian kita mengacu pada kerangka pikir si penulis baru kemudian kita lihat referensi yang digunakan oleh penulis tersebut.
Dari situ dapat kita bandingkan dan sesuaikan dengan tema yang sedang kita cari/buat.

eka nurul mengatakan...

1. membedakan jurnal atau buku teks yang baik atau tidak adalah dengan meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. judul yang menarik adalah judul yang sesuai dengan isi buku atau jurnal tersebut.

2.untuk menentukan penulis buku atau jurnal baik atau tidak maka kita melihat riwayat penulis yang ada di halaman sampul belakang. kita lihat bobot penulis dari hasil karya orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi orang lain dalam menulis maka kita simpulkan penulis tersebut cukup baik.

3.untuk mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang dicari adalah dengan cara membaca ringkasan buku tersebut. apabila tulisan buku tersebut valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang kita cari maka buku tersebut cocok untuk menjadi salah satu acuan belajar kita.

Desi Meldawati mengatakan...

desi meldawati hadir.
1> jurnal/buku dapat dikatakan baik apabila judulnya menarik atau tidak.
2. Seorang penulis buku dapat dikatakan baik jika hasil karyanya banyak digunakan sebagai referensi hasil penelitian orang lain.
3. Untuk mengetahui apakah jurnal/ buku tersebut sesuai dengan tema yang kita cari adalah dengan membaca ringkasan buku/ jurnal tersebut, kalau tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema/ topik yang kita cari maka buku tersebut cocok sebagai bahan referensi.

octa riyani mengatakan...

1.materi yg ada didalam buku itu pa,isi dan tujuan buku tersebut,
2. materinya bisa dimengerti dan dipahami oleh pembacana
3.judul buku sesuai dengan tema kitaa,maka buku terssebut cocok untuk acuan untuk kita belajar dan untuk kita pahami

yoki elvanie mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Umi Muslimah mengatakan...

1. sebuah jurnal atau buku teks itu dikatakan baik apabila data atau fakta dan analisa objektif artinya sesuai dengan data atau fakta yang ditemukan,tidak ada kata menurut pendapat saya dari penulisnya,isi jurnal atau buku teks tidak mencela pendapat orang lain,dan tidak membenarkan pendapat atau temuan kita sendiri serta mengemukakan kelemahan jurnal atau buku teks kita.kejujuran merupakan syarat jurnal atau buku teks yang baik dengan cara menyebutkan sumber pendapat,teknik maupun metode orang lain.bahasa yang digunakan pun harus akurat,jelas,benar,singkat atau sederhana dan teliti dalam hal pengungkapan kata-kata dan kalimatnya.Jurnal atau buku teks juga harus berurutan dari mulai pendahuluan sampai dengan penutup.
2. cara menentukan penulis buku itu baik atau tidak dapat diketahui apabila penulis dalam membuat buku tersebut jujur dan tidak bohong dalam menampilkan data atau fakta yang diberikan.buku tersebut berisi tulisan yang singkat tapi padat dalam penulisannya,harus gamblang dan jelas dalam tiap kalimatnya dan tidak berbelit-belit.tulisannya juga memperhatikan tata bahasa,tanda baca serta ejaan yang benar.tulisan juga mudah dibaca dan mudah dicerna oleh siapa pun yang membacanya.
3. cara kita mengetahui isi jurnal atau buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema atau topik yang kita cari dengan cara melihat judulnya apakah judulnya jelas atau sama dengan tema atau topik yang kita cari.atau bisa juga dengan membaca abstraknya saja yang berisi tujuan,metode,hasil dan kesimpulan.

Desna Annisa mengatakan...

1. Bagaimana saudara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak ?
a. Akurat dan menyeluruh
Jurnal tersebut menyajikan fakta dan gagasan secara akurat, dan membahas masalahnya secara lengkap dan tuntas.
b. Memiliki sumber informasi yang baik.
Ini adalah ciri yang paling penting dari setiap jurnal. Jurnal yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik itu telah diterbitkan.
c. Seimbang.
Ini berarti bahwa jurnal tersebut membahas fakta, gagasan, dan sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang, dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing
d. Kreatif.
“kreatif” dalam pengertian ilmiah berarti bahwa jurnal tersebut tidak sekedar menyajikan fakta belaka, tetapi ini tidak berarti bahwa informasi yang disajikan itu “dikarang” atau tidak berdasarkan fakta.
e. Secara teknis, penulisannya benar.
Ini berarti bahwa jurnal tersebut terbebas dari kesalahan gaya bahasa, tatabahasa, tanda baca, penggunaan kata, dan ejaan.
f. Tertata dengan baik.
Ini berarti bahwa jurnal tersebut memiliki tujuan yang jelas. Dalam jurnal yang berkualitas, materinya ditata secara logis, dengan kata-kata transisi yang baik di antara bagian-bagiannya.

2. Bagaimana caranya kita menentukan penulis buku itu baik atau tidak ?
Seseorang yang membaca buku yang ditulis oleh si penulis dapat menerima apa yang disampaikan oleh si penulis secara jelas dan terperinci, melalui kata kata yang dituliskannya dengan menggunakan bahasa yang baik, serta isi dari tulisan itu dapat membuat perhatian sipembaca untuk membacanya dan juga konteks dari buku tersebut dapat memuaskan keinginan dari si pembacanya.
3. Bagaimana caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari ?
1. Baca judul dan sub judul dari isi buku tersebut, apakah sudah sesuai dengan tema yang kita cari
2. Perhatikan ilustrasi gambar gambar yang disediakan agar dapat mendapat informasi yang lebih jauh tentang isi dari buku tersebut
3. Cari kata kunci dari cover buku sehingga anda dapat menganalisa apa yang dituliskan di buku tersebut.

Titin Handayani mengatakan...

1.pertama dilihat dari judulnya jika menarik pasti orang ingin membaca dan akan mengetahui isinya.
2.dilihat dari isi buku/jurnal yang diterbitkan,mudah di pahami isinya dan dapat dijadikan referensi.
3.harus dibaca keseluruhan dari isi jurnal tersebut sehingga isinya sesuai dengan topik/tema yang kita cari.

sri wulandari mengatakan...

1.Sebuah jurnal dapat dikatakan baik pertama kita lihat judul yang secara umum syarat judul yang baik adalah sebagai berkut:
-. menarik minat peneliti
-. mampu dilaksanakan oleh peneliti
-. mengandung kegunaan praktis dan penting untuk diteliti
-. cukup tersedia data
-. hindari duplikasi dengan judul lain
-. berisi variabel yang akan diteliti
-. berupa kalimat pernyataan
-. jelas, singkat dan tepat

2. Penulis berbobot atau tidak jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka kita simpulkan kalau penulis tersebut cukup baik.

3. Mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai dengan tema/topik yang kita cari dengan membaca ringkasan buku tersebut kalau tulisannya valid dan bermanfaat sesuai dengan tema/topik yang kita cari yaitu:
-. Teori sesuai dengan tema/topik
-. konsep berfikir sesuai
-. Epidemiologi
-. Kejadian biologisnya
-. Metodologisnya
-. Hasil penelitiannya.

sry anggraeny mengatakan...

1.kita membedakan jurnal/buku teks yang baik atau tidak dapat kita lihat dari judulnya menarik atau tidak untuk dibaca
2.seorang penulis buku/jurnal baik atau tidak kita lihat dari hasil karya nya dan daftar riwayat penulis dan dari hasil karya nya banyak digunakan sebagai referensi orang lain
3.untuk mengetahui isi dari jurnal/buku tersebut sama atau tidak dengan tema yang kita cari kita dapat membaca ringkasan buku tersebut jika tulisan buku tersebut valid dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik tersebut dan cocok untuk kita baca

Budi satria nasution mengatakan...

1.membedakannya dengan cara melihat dari judulnya apakah sesuai dgn yang di baca atau tidak, di lihat dri revew penulisnya seperti tokoh terkenal di dalamnya.
2. kita lihat dari riwayat singkat penulisnya,kalau banyak di gunakan refrensi dalam karya tulis orang lain maka bisa di katakan kalau penulis tsbt cukup baik,
3.menentukannya dengan membaca ringkasan yg ada di dalamnya seperti : teori, konsep berfikir, epidemiologi, kejadian biologis,metodologis dan hasil penelitiannya

karosasanti rahayu mengatakan...

1. membedakan jurnal atau buku teks yang baik adalah kita lihat dari judul.apabila kita sudah menemukan judul yang sesuai, maka kita lihat review penulisnya ,hendaknya jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis, dapat diketahui valid tidaknya jurnal tersebut apabila hasil ahirnya valid.

2. caranya kita menentukan penulis buku itu baik atau tidak jika hasil karyanya banyak digunakan sebagai referensi hasil penelitian orang lain.

3. caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari adalah dengan membaca ringkasan buku/ jurnal tersebut,
tema yang kita cari , rumusan masalah yang digunakan penulis kemudian kita mengacu referensi yang digunakan oleh penulis tersebut.kalau isi / tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema/ topik yang kita cari maka buku tersebut baik untuk menjadi acuan kita.

Yuliana Shaura mengatakan...

1.Cara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak dengan cara membaca secara langsung buku /jurnal tersebut dimulai dari judul buku tersebut apakah sesuai dengan apa yang kita inginkan atau tidak, riwayat penulis apakah penulis tersebut sering digunakan sebagai bahan referensi dalam karya tulis org lain atau tidak, dan ringkasan dari karya tulis tersebut sesuai dengan topik yang kita cari apa tidak sehingga kita dapat menilai bahwa jurnal/buku teks tersebut dinilai baik atau tidak.
2.Caranya dengan melihat hasil karya/tulisan penulis tersebut jika banyak dgunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka penulis itu dikatakan cukup baik.
3.Cara mengetahui isi jurnal /buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema /topik yg kita cari yaitu dengan cara membaca ringkasan buku tersebut dimana dalam ringkasan tersebut berisi teori, konsep berpikir, epidemiologi, kejadian biologisnya, metodologisnya dan hasil penelitiannya sesuai apa tidak dengan topik yang kita cari.

Yuliana Shaura mengatakan...

1.Cara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak dengan cara membaca secara langsung buku /jurnal tersebut dimulai dari judul buku tersebut apakah sesuai dengan apa yang kita inginkan atau tidak, riwayat penulis apakah penulis tersebut sering digunakan sebagai bahan referensi dalam karya tulis org lain atau tidak, dan ringkasan dari karya tulis tersebut sesuai dengan topik yang kita cari apa tidak sehingga kita dapat menilai bahwa jurnal/buku teks tersebut dinilai baik atau tidak.
2.Caranya dengan melihat hasil karya/tulisan penulis tersebut jika banyak dgunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka penulis itu dikatakan cukup baik.
3.Cara mengetahui isi jurnal /buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema /topik yg kita cari yaitu dengan cara membaca ringkasan buku tersebut dimana dalam ringkasan tersebut berisi teori, konsep berpikir, epidemiologi, kejadian biologisnya, metodologisnya dan hasil penelitiannya sesuai apa tidak dengan topik yang kita cari.

asep kristanto mengatakan...

1. jurnal atau buku teks dikatakan baik apabila didalam nya terdapat judul yang sesuai dengan apa yang dibahas.

2. penulis buku atau jurnal dikatakab baik bila sipenulis menuliskan karya tulis nya sesalu dipakai orang sebagai referensi yang menurut nya ini jurnal yang baik.

3. isi jurnal taua buku teks yang baik atau tidak dengan membaca jurnal tersebut dari awal sampai akhir, pasti akan menemukan inti masalah dijurnal tersebut sesuai dengan masalah yang dibahas, apabila tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang dibahas dan pas dengan apa yang kita cari maka jurnal tersebut bisa kita jadikan sebagai panduan atau reverensi belajar kita.

Deni oktavia mengatakan...

1.Membedakan jurnal /buku teks yang baik atau tidak adalah meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. Menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema / topik yang akan kita baca atau tidak.

2.Menentukan penulis buku atau jurnal baik / tidak, maka kita lihat review penulisnya( Riwayat singkat) sehingga kita tahu penulisnya berbobot apa tidak. Riwayat penulis biasanya ada di halaman sampul belakang, atau halaman terakhir.
Kita bisa juga melihat bobot penulis dari hasil karya/tulisan orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka kita bisa simpulkan kalau penulis tersebut cukup baik, kalau tidak berbobot penulisnya maka cari yang lain.

3.Mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang dicari adalah Setelah mengetahui bahwa penulisnya baik, maka baca ringkasan buku tersebut, kalau tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema/topik yang kita cari maka bisa kita lanjutkan membacanya.

asep kristanto mengatakan...

. jurnal atau buku teks dikatakan baik apabila didalam nya terdapat judul yang sesuai dengan apa yang dibahas.

2. penulis buku atau jurnal dikatakan baik bila sipenulis menuliskan karya tulis nya selalu dipakai orang sebagai referensi yang menurut nya ini jurnal yang baik.

3. isi jurnal atau buku teks yang baik atau tidak dengan membaca jurnal tersebut dari awal sampai akhir, pasti akan menemukan inti masalah dijurnal tersebut sesuai dengan masalah yang dibahas, apabila tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang dibahas dan pas dengan apa yang kita cari maka jurnal tersebut bisa kita jadikan sebagai panduan atau reverensi belajar kita.

umi rosyidah mengatakan...

1.cara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak dengan cara membaca dan menilai secara langsung jurnal /buku teks tersebut dimana dimulai dari judul penelitian, riwayat penulis, ringkasan buku sehingga dari itu semua kita dapat menilai jurnal/buku teks tersebut baik atau tidak
2.Misal penulis tersebut sering digunakan dalam referensi karya tulis ilmiah orang lain maka kita dapat menilai bahwa penulis tersebut baik.
3.Dengan cara membaca ringkasan jurnal tersebut secara garis besar apakah sesuai dengan topic yang kita cari apa kita

fitriani pipit mengatakan...

1.bila isi dari buku/jurnal tersebut mudah di pahami/di mengerti oleh pembacanya dan mempunyai daya terik tersendiri dari isi buku/jurnal tersebut.
2.dilihat dari seluruh isi buku/jurnaltersebut(kwalitas buku tersebut).
3.membaca isi keseluruhan buku tersebut.

umi rosyidah mengatakan...

1.cara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak dengan cara membaca dan menilai secara langsung jurnal /buku teks tersebut dimana dimulai dari judul penelitian, riwayat penulis, ringkasan buku sehingga dari itu semua kita dapat menilai jurnal/buku teks tersebut baik atau tidak
2.Misal penulis tersebut sering digunakan dalam referensi karya tulis ilmiah orang lain maka kita dapat menilai bahwa penulis tersebut baik.
3.Dengan cara membaca ringkasan jurnal tersebut secara garis besar apakah sesuai dengan topic yang kita cari apa kita

eka martini mengatakan...

1. cara untuk mengethui jurnal/buku itu baik adalah dengan melihat judulnya terlebih dahulu, judul tersebut menarik atau tidak dan judul tersebut sesuai atau tidak dengan tema kita. setelah itu, lihat BAB per BAB nya apakah sesuai dengan judul buku tersebut.
2. cara kita mengetahui penulis buku itu baik atau tidak dengan cara melihat isi dari buku tersebut apakah berkesinambungan dengn judulnya. lalu perhatikan hasil penelitiannya apakah sesuai atau tidak. dan juga teori teori yag digunakan oleh penulis apakah sasui dengan judul. yang terpenting adalah apakah rumusan masalahnya terjawab atau tidak.
3. cara mengetahui jurnal/buku tersebut sesuai dengan tema kita adalah dengan cara melihat isi dari jurnal/buku tersebut, apakah tema buku tersebut sesuai atau tidak dengan melihat BAB per BAB nya, apakah sesuai dengan tema yang kita pilih.

fitriani pipit mengatakan...

1.bila isi buku/jurnal tersebut mudah di pakai/dimengerti oleh pembacanya dan mempunyai daya tarik tersendiri dari isi buku/jurnal tersebut.
2.dilihat dari seluruh isi buku tersebut.(kwalitas buku tersebut).
3.membaca keseluruhan isi buku tersebut.

ikhwanudin ozan mengatakan...

1. membedakan jurnal atau buku teks yang baik atau tidak adalah dengan meilhat judulnya apakah menarik atau tidak.

2.untuk menentukan penulis buku atau jurnal baik atau tidak maka kita melihat riwayat penulis yang ada di halaman sampul belakang. kita lihat bobot penulis dari hasil karya orang lain.

3.untuk mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang dicari adalah dengan cara membaca ringkasan buku tersebut. apabila tulisan buku tersebut valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang kita cari maka buku tersebut cocok untuk menjadi salah satu acuan belajar kita.

yosep sugiantoro mengatakan...

1. memilih buku jurnal yg terpenting itu tingkat keilmiahann dari isi atau tulisannya dapat di pertanggung jawabkan
2.untuk menentukan penulis buku atau jurnal baik atau tidak kita liat muatan idiologi yang tingii dan tingkat keilmiaahannya dapat di pertangung jawabkan atau tidak
3.untuk mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang dicari adalah kita perlu memahami dasar2 dari tema yang diangkat oleh jurnal tersebut,tidak mengunakan metode speed reading,membuat klompok diskusi terbatas untuk membahas isi buku jurnal tersebut untuk membangun pemahaman yang lebih komperhensif tentang isi buku jurnal tersebut
trimsssssss

maria ulfa mengatakan...

1. Membedakan jurnal/buku teks yg baik adalah melihat pada judul jurnal/buku menarik/tidak.
2.Untuk menentukan penulis buku baik/tidak kita bisa melihat dari riwayat penulis, biasanya terletak di sampul belakang. Jika hasil karyanya banyak digunakan sbg referensi hasil penelitian orang lain maka bisa dikatakan penulis tsb cukup baik
3. Untuk mengetahui apakah jurnal/buku tsb sesuai dgn tema yg kita cari adalah dgn membaca ringkasan buku/ jurnal tsb, kalau tulisan judul/tema dgn ringkasan saling berkaitan dan bermanfaat maka buku tsb cocok sbg bhn belajar kita.

tresia krisnawati mengatakan...

1. Sebuah jurnal/buku teks dikatakan baik dilihat dari judulnya apakah menarik atau tidak untuk dibaca. Menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema/topik yang akan kita baca atau tidak.
2. Seorang penulis dikatakan baik/tidak dapat kita lihat dari riwayat penuisnya. Jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi orang lain dalam menulis maka kita simpulkan penulis tersebut cukup baik.
3. Mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang kita cari kita dapat membaca ringkasan buku tersebut jika tulisan buku tersebut valid dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik tersebut dan cocok untuk kita baca.

karlina oktavia mengatakan...

1. jurnal/buku dapat dikatakan baik apabila judulnya menarik.

2. Seorang penulis buku dapat dikatakan baik jika hasil karyanya banyak digunakan sebagai referensi hasil penelitian orang lain.

3. Untuk mengetahui apakah jurnal/ buku tersebut sesuai dengan tema yang kita cari adalah dengan membaca ringkasan buku/ jurnal tersebut, kalau tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema/ topik yang kita cari maka buku tersebut cocok sebagai bahan referensi kita.

yoki elvanie mengatakan...

1. membedakan jurnal atau buku teks yang baik adalah meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. judul yang menarik adalah judul yang sesuai dengan isi buku atau jurnal tersebut.

2.untuk menentukan penulis buku atau jurnal baik maka kita melihat riwayat penulis yang ada di halaman sampul belakang. kita lihat bobot penulis dari hasil karya orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi orang lain dalam menulis maka kita simpulkan penulis tersebut cukup baik.

3.untuk mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang dicari adalah dengan cara membaca ringkasan buku tersebut. apabila tulisan buku tersebut bermanfaat dan sesuai dengan tema yang kita cari maka buku tersebut cocok untuk menjadi salah satu acuan belajar.

Desri Yani mengatakan...

1.Sebuah jurnal/tesk dapat dikatakan baik pertama kita lihat dari judul, kemudian kita review, dari hasil tersebut dapat dilihat tokoh terkenal siapa saja dan teori apa yang digunakan. setelah itu dapat kita lihat manfaat dari penelitian yang dilakukan. Sehingga dapat diketahui valid tidaknya jurnal tersebut, dapat dikatakan baik apa bila hasil ahirnya valid.
2. Seorang penulis dikatakan baik/berkualitas dari hasil karyanya tersebut banyak digunakan orang lain sebagai referesi dalan karya tulis
3.Cara mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan topik adalah dengan membaca teorinya disesuaikan dengan konsep berfikir pembaca apakah sudah sesuai dengan apa yang diketahui oleh pembaca tersebut

Meirina tcf mengatakan...

1. Jurnal/buku teks yang baik dilihat dari teori dan hasil pembahasan penelitian yang dilakukan. Yaitu teori dengan informasi terbaru dan membahas masalah-masalah yang kritis yang terjadi, dengan melihat fenomena-fenomena baru yang ada saat ini.
2. Penulis buku yang baik pertama dapat dilihat dari prestasi-prestasinya dan jenjang/riwayat pendidikannya. Penulis buku yang baik akan membahas isi buku dengan teori yang logis dan memaparkan informasi yang menarik dan bermanfaat bagi para peneliti/pembaca lainnya.
3. Untuk mengetahuinya, kita dapat melihat abstrak/intisari dari buku/jurnal yang kita lihat. Dari ringkasan tersebut kita akan mengetahui apakah jurnal/buku tersebut dapat memberikan informasi yang sesuai yang dapat mendukung tema/topik penelitian yang akan kita lakukan.

sururi hasan mengatakan...

1. untuk membedakan sebuah jurnal/teks dapat dikatakan baik atau tidak, dapat kita lihat dari judul jurnal/teks tersebut apakah menarik atau tidak. Judul yang menarik adalah judul yang sesuai dengan topik/tema yanng kita baca.
2. Untuk menentukan seorang penulis yang baik atau tidak, terlebih dahulu kita dapat melihat review penulis tersebut yang biasanya terdapat di bagian halaman sampul belakang atau halaman terakhir, selain itu kita juga bisa mengetahuinya melalui hasil karya/tulisan orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka kita bisa simpulkan kalau penulis tersebut cukup baik.
3. Untuk mengetahui apakah isi jurnal/teks tersebut sesuai dengan apa yang kita cari atau tidak, pertama-tama kita lihat judulnya terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak dengan yang kita cari, setelah itu kita lihat review penulisnya apakah berbobot atau tidak,Setelah mengetahui bahwa penulisnya baik, maka baca ringkasan buku tersebut, dengan cara Scanning,membaca perlahan pada bagian yang rumit, dan membaca cepat pada bagian yang mudah.

Anonim mengatakan...

Misti Azizah
1. Kita dapat mengetahui sebuah jurnal/buku teks itu baik atau tidaknya dengan melihat judul, daftar isi dan penulis serta penerbitnya.

2. Seorang penulis jurnal/buku teks dapat dikatakan baik apabila penulis tersebut refrensinya banyak digunakan oleh orang lain dan dalam penulisannya mudah untuk dimengerti.

3. Kita dapat mengetahui apakah isi jurnal/buku teks itu telah sesuai dengan tema yang dicari yaitu dengan cara memahami judul buku dan membaca ringkasan ceritanya, barulah kita dapat menyimpulkannya.

sherly mirandia mengatakan...

1. jurnal atau buku teks dikatakan baik apabila didalam nya terdapat judul yang sesuai.

2. penulis buku atau jurnal dikatakab baik bila sipenulis menuliskan karya tulis nya sesalu dipakai orang sebagai referensi yang menurut nya ini jurnal yang baik.

3. isi jurnal taua buku teks yang baik atau tidak dengan membaca jurnal tersebut dari awal sampai akhir, pasti akan menemukan inti masalah dijurnal tersebut sesuai dengan masalah yang dibahas, apabila tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang dibahas .

Lilis Suryani mengatakan...

1. Membedakanya dengan melihat judulnya apakah menarik atau tidak untuk di baca
2. Seorang Penulis dikatakan baik djika hasil karya penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain.
3. Caranya kita mengetahui isi jurnal / buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari yaitu dengan membaca ringkasan buku tersebut, kalau tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema / topik yang kita cari, maka kita bisa lanjutkan membacanya.

husin junaidi mengatakan...

Answer...
1. Yangg baik, referensi nya jelas, isi buku mudah dipahami, ada sedikit gambar agar mudah di mengerti.
Yang tidak baik, sumber-referensi tidak jelas, isi buku banyak menyimpang dari ilmu yg sudah ada.
2. Mempunyai ciri-ciri karangan. A. Menyajikan fakta objektif secara sistematis. B. Ditulis secara tepat cermat banar. C. mengunakan bahasa yang formal. D.tidak memuat pandangan2 tanpa pendukung. E. Mengunakan bahasa formal menghindari bahasa lisan. F. Tidak emosi atau menonjolkan perasaaan. G.tidak cenderung mengajak pembaca untuk berpihak kepada penulis

Joe Juarta mengatakan...

1. Sebuah jurnal/tesk dapat dikatakan baik pertama kita lihat dari judul, kemudian kita review, dari hasil tersebut dapat dilihat tokoh terkenal siapa saja dan teori apa yang digunakan.

2. Seorang penulis dikatakan baik/berkualitas dari hasil karyanya tersebut banyak digunakan orang lain sebagai referesi dalan karya tulis.

3.Cara mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan topik adalah dengan membaca teorinya disesuaikan dengan konsep berfikir pembaca apakah sudah sesuai dengan apa yang diketahui oleh pembaca .

Dahono Mas mengatakan...

1,Sebuah jurnal dapat dikatakan baik bila :judul,ringkasan masalah,siapa penulisnya dan sesuai dengan kebutuhan kita.

2.Seorang penulis dikatakan baik bila cara penulisannya sopan,menggunakan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar dan hasil karyanya tersebut banyak digunakan orang lain sebagai referesi dalan karya tulis.

3.Untuk mengetahuinya, kita dapat melihat abstrak/intisari dari buku/jurnal yang kita lihat. Dari ringkasan tersebut kita akan mengetahui apakah jurnal/buku tersebut dapat memberikan informasi yang sesuai yang dapat mendukung tema/topik penelitian yang akan kita lakukan.

Yudha Perwira mengatakan...

1. memilih buku jurnal yg terpenting itu tingkat keilmiahann dari isi atau tulisannya dapat di pertanggung jawabkan
2.untuk menentukan penulis buku atau jurnal baik atau tidak kita liat muatan idiologi yang tingii dan tingkat keilmiaahannya dapat di pertangung jawabkan atau tidak
3. dengan membaca abstrak penelitian tersebut,jikalau sesuai dengan topik penelitian maka bisa kita maksimalkan pembacaan dan dapat menemukan referensi yang mau kita ambil dari penelitian tersebut..
makaasie

Dahono Mas mengatakan...

1,Sebuah jurnal dapat dikatakan baik bila :judul,ringkasan masalah,siapa penulisnya dan sesuai dengan kebutuhan kita.

2.Seorang penulis dikatakan baik bila cara penulisannya sopan,menggunakan kaidah bahasa indonesia yang baik dan benar dan hasil karyanya tersebut banyak digunakan orang lain sebagai referesi dalan karya tulis.

3.Untuk mengetahuinya, kita dapat melihat abstrak/intisari dari buku/jurnal yang kita lihat. Dari ringkasan tersebut kita akan mengetahui apakah jurnal/buku tersebut dapat memberikan informasi yang sesuai yang dapat mendukung tema/topik penelitian yang akan kita lakukan.

Zulda purnawati mengatakan...

1. membedakan jurnal atau buku teks yang baik atau tidak adalah dengan meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. judul yang menarik adalah judul yang sesuai dengan isi buku atau jurnal tersebut.

2.untuk menentukan penulis buku atau jurnal baik atau tidak maka kita melihat riwayat penulis yang ada di halaman sampul belakang. kita lihat bobot penulis dari hasil karya orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi orang lain dalam menulis maka kita simpulkan penulis tersebut cukup baik.

3. menyesuaikan dengan isi penelitian yang dibaca dengan mengamati abstrak penelitian sehingga secara tidak langsung kita dapat memahami sesuai atau tidak dengan penelitian kita

agung firmansyah mengatakan...

1.jurnal dapat dikatakan baik bila judulnya menarik,otomatis pembaca ingin mengetahui isinya.
2.dilihat dari isi buku atau jurnal yang diterbitkan mudah dipahami isinya dan dapat dijadikan acuan.
3.harus di baca dg cara membacanya.isi keseluruhan dari isi jurnal tersebut.

harys sutanto mengatakan...

Harys Sutanto ( 12320175 )
1. sebuah jurnal / teks dikatakan baik apabila apakah sebuah judulnya menarik atau sesuai dengan apa yang ada pada data baik objek maupun subjek.
2.kmd dilihat pada review penulisnya apakah seseorang yang terkenal atau tidak dan banyak yang mengembangkan hasil penulisannya tersebut sehingga bisa lebih berkembang dan bermanfaat sehingga kita bisa mengatakan hal tersebut itu baik karena banhyak digunakan oleh orang.

3. sesuai atau tidaknya sebuah buku atau jurnal kita harus dapat melihat semua data yang sudah ada dan literaturnya serta dari hasil terakhirnya jadi kita dapat menyimpulkan bahwa sebuah jurnal atau buku tersebut dengan tema yang akan kita cari

merlin harisa mengatakan...

1.membedakan jurnal atau buku teks yang baik atau tidak adalah dengan meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. judul yang menarik adalah judul yang sesuai dengan isi buku.

2.untuk menentukan penulis buku atau jurnal baik atau tidak maka kita melihat riwayat penulis yang ada di halaman sampul belakang. kita lihat bobot penulis dari hasil karya orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi orang lain dalam menulis maka kita simpulkan penulis tersebut cukup baik.

3. menyesuaikan dengan isi penelitian yang dibaca dengan mengamati abstrak penelitian sehingga secara tidak langsung kita dapat memahami sesuai atau tidak dengan penelitian kita

Nanang Edi Prayitno Bagus mengatakan...

1. jurnal atau buku teks dikatakan baik apabila didalam nya terdapat judul yang sesuai dengan apa yang dibahas.
2. penulis buku atau jurnal dikatakab baik bila sipenulis menuliskan karya tulis nya sesalu dipakai orang sebagai referensi yang menurut nya ini jurnal yang baik.
3. isi jurnal taua buku teks yang baik atau tidak dengan membaca jurnal tersebut dari awal sampai akhir, pasti akan menemukan inti masalah dijurnal tersebut sesuai dengan masalah yang dibahas, apabila tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang dibahas dan pas dengan apa yang kita cari maka jurnal tersebut bisa kita jadikan sebagai panduan atau reverensi belajar kita.

Dwi Wijayanto mengatakan...

1.bila isi dari buku/jurnal tersebut mudah di pahami/di mengerti oleh pembacanya dan mempunyai daya terik tersendiri dari isi buku/jurnal tersebut.
2.dilihat dari seluruh isi buku/jurnaltersebut(kwalitas buku tersebut).
3.membaca isi keseluruhan buku tersebut.

Lisda Purnama mengatakan...

1.dengan melihat isi buku tersebut apakah bekesinambungan dengan judulnya.
2.dengan cara membacanya apakah sesuai dengan tema,apakah berkesinambungan dari BAB apakah sesuai dengan judul.
3.isi jurnal/buku tersebut dikatakan baik jika tema atau topik yang kita cari dengan cara melihat judulnya,apakah judulnya jelas atau sama dengan topik yang kita cari atau bisa juga dengan membaca abstraknya yang berisi metode hasil dan kesimpulan

hazria wati mengatakan...

NAMA : HAZRIAWATI
NPM : 12320176 P


1. Bagaimana saudara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak ?
Menurut saya,ada beberapa hal yg harus kita baca pd setiap jurnal/buku teks antara Lain : Judul, Abstrak, pendahuluan,metode penelitian, Hasil penelitian, diskusi/kesimpulan/rekomendsi, terakhir kepustakaan(lampiran). Sehingga kita dapat menarik kesimpulan bahwamaka kita bisa simpulkan kalau jurnal/buku teks tsb cukup baik atau tidaknya. Dan tidak lupa untuk mencari KELEMAHAN DARI PENELITIAN PENULIS” tsb.

2.Bagaiman caranya kita menentukan penulis buku itu baik atau tidak ?
sesuai pembahasan yg bapak jelaskan, Apabila kita sudah menemukan judul yang sesuai, maka kita lihat review penulisnya (Riwayat singkat), sehingga kita tahu penulisnya berbobot apa tidak. Riwayat penulis biasanya ada di halaman sampul belakang, atau halaman terakhir.
Kita bisa juga melihat bobot penulis dari hasil karya/tulisan orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka kita bisa simpulkan kalau penulis tersebut cukup baik, kalau tidak berbobot penulisnya maka cari yang lain.

3. Bagaimana caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari ?
Lihat judul_menarik atau tidak lihat review penulisanya_tokoh terkenal d bidangny_ baca ringaksanya tulisanya valid dan bermanfaat kemudian lihat Teorinya, Konsep berpikir, Epidemiologi, Kejadian biologisnya, Metodologisnya.Hasil penelitiannya. dan tidak lupa meilhat kelemahan penulis..

handi paramitha mengatakan...

1.dilihat dari judul bila buku tersebut sudah menarik kemungkinan isi dari buku tersebut menarik.
2.di liat dari kwalitas buku tersebut.
3.membaca buku sampai habis,sehigga isinya sesuai dengan tema yg kita cari..

evi jauhari mengatakan...

1. Membedakan jurnal/buku teks baik atau tidak dengan cara memahami isi atau judul yang sesuai dengan teks,yang bisa difahami untuk dapat dibaca manfaat dari buku teks tersebut.
2. Penulis menentukan buku itu baik atau tidak dengan cara kita melihat riwayat penulis yang ada dihalaman sampul serta karyanya yang bermanfaat sebagai revenrensi.
3. kita mengetahaui isi jurnal atau buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema atau dengan topik yang kita cari dengan cara membaca ringkasan buku tersebut dimana dalam ringkasan tersebut berisi teori, konsep berfikir.

yasir fitrialdilla mengatakan...

1.dari segi isi buku/jurnal tersebut harus mudah di pahami/dimengerti oleh pembacanya dan mempunyai daya tarik tersendiri dari isi buku/jurnal tersebut.
2.dilihat dari keseluruhan isi buku tersebut.(kwalitas buku tersebut).
3.membaca keseluruhan isi buku tersebut.

Juna Aidi mengatakan...

PERTANYAAN :
1. Bagaimana saudara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak ?
JAWAB : kita WAJIB Membaca judul jurnal/buku teks tsb, terutama pd bagian abstrak,pendahuluan,metode, hasil.kesmpulan dan kepustakaan.

2. Bagaiman caranya kita menentukan penulis buku itu baik atau tidak ?
JAWAB : Seorang penulis jurnal/buku teks dapat dikatakan baik apabila penulis tersebut refrensinya banyak digunakan oleh orang lain dan dalam penulisannya mudah untuk dimengerti
3. Bagaimana caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari ?
jawab : Untuk membaca jurnal atau teks diawali dengan “Judul” kita lihat apakah judulnya menarik atau tidak. Menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema / topik yang akan baca atau tidak. dan jika tulisan buku tersebut valid dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik tersebut dan cocok untuk kita baca.

widya susanti mengatakan...

1.Dengan membaca ringkasannya apakah valid atau tidak valid dan bermanfaat atau tidak bermanfaat
2. Dengan melihat review penulisnya (riwayat hidup). Jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka penulis tersebut cukup baik.
3. Dengan membaca ringkasan jurnal, apabila teori dan fakta sesuai/valid dan bermanfaat maka buku tersebut bisa dijadikan acuan kita dan sebagai bahan referensi.

Hengky Syaputra mengatakan...


1. Jurnal buku yang baik adalah Sebuah jurnal/tesk dapat dikatakan baik pertama kita lihat dari judul menarik atau tidak, kita review penulisnya,biasanya kita lihat dari sampul belakangnya. setelah itu dapat kita lihat manfaat dari penelitian yang dilakukan. Sehingga dapat diketahui valid tidaknya jurnal tersebut, dapat dikatakan baik apa bila hasil ahirnya valid.
2. Penulis berbobot atau tidak kita lihat dari riwayat singkat sipenulis, referensinya telah banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain.
3. Cara kita mengetahui isi jurnal atau buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema atau topik yang kita cari dengan cara melihat judulnya apakah judulnya sesuai dengan tema atau topik yang kita cari atau tidak tokoh terkenal d bidangny, baca ringkasannya tulisanya valid atau tidak dan bermanfaat dan dalam ringkasannya yang perlu kita lihat juga adanya unsur teorinya, konsep berpikir, epidemiologi, kejadian biologisnya, metodologisnya, hasil penelitiannya dan kelemahan peneliti dalam melakukan penelitian terkait

donny mengatakan...

1.Membedakan jurnal /buku teks yang baik atau tidak adalah meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. Menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema / topik yang akan kita baca atau tidak.
2.Seorang penulis buku dapat dikatakan baik jika hasil karyanya banyak digunakan sebagai referensi hasil penelitian orang lain
3. pertama-tama kita lihat judulnya terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak dengan yang kita cari, setelah itu kita lihat review penulisnya apakah berbobot atau tidak,Setelah mengetahui bahwa penulisnya baik, maka baca ringkasan buku tersebut, dengan cara Scanning,membaca perlahan pada bagian yang rumit, dan membaca cepat pada bagian yang mudah.

SINGGIH WIDYO JATMIKO mengatakan...

1. membedakan jurnal atau buku teks yang baik atau tidak adalah dengan meilhat judulnya apakah menarik atau tidak serta mengetahui isi yang ada didalamnya tersebut berbobot atau tidak
2. cara menentukan penulis buku itu baik atau tidak dapat diketahui apabila buku tersebut berisi tulisan yang singkat tapi padat dalam penulisannya,harus gamblang dan jelas dalam tiap kalimatnya dan tidak berbelit-belit.cara penulisannya juga memperhatikan tata bahasa,tanda baca serta ejaan yang benar.isinya juga mudah dicerna oleh siapa pun yang membacanya.judul yang menarik adalah judul yang sesuai dengan isi buku atau jurnal tersebut.
3. caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari adalah dengan membaca ringkasan buku/ jurnal tersebut,
tema yang kita cari , rumusan masalah yang digunakan penulis kemudian kita mengacu referensi yang digunakan oleh penulis tersebut.kalau isi / tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema/ topik yang kita cari maka buku tersebut baik untuk menjadi acuan kita.

Anonim mengatakan...

YUYUN YULANDARI/12320219 @
1.Judulnya harus menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema/topik kita. setelah itu dilihat review penulisnya(riwayat singkat) agar tahu penulisnya berbobot atau tidak'
2. penulisan buku tu baik atau tidak bisa dilihat dari banyaknya digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain, selain itu penulis merupakan tokoh terkenal dibidangnya.
3. Isi jurnal yang sesuai dengan tema yang kita cari jika tulisannya valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang kita cari/perlukan. Dalam ringkasannya yang perlu kita lihat teorinya, konsep berfikir, epidemiologi, kejadian biologisnya, metodelogisnya dan hasil penelitiannya.

enni yunita mengatakan...

1.jurnal/ buku teks yang baik atau tidak harus memenuhi adanya judul dimana setiap jurnal harus memiliki judul yang jelas, Abstrak, Pendahuluan adalah pernyataan dari kasus yang kita selidiki, yang memeberikan informasi kepada pembaca untuk memahami tujuan spesifikasi kita dalam kerangka teoritis yang lebih besar, Bahan dan metode Bagian ini menjelaskan ketika percobaan telah dilakukan, hasil, pembahasan, kesimpulan serta adanya daftar pustaka yang jelas

2.cara kita mengetahui penulis buku itu baik atau tidak dengan cara melihat isi dari buku tersebut apakah berkesinambungan dengn judulnya. lalu perhatikan hasil penelitiannya apakah sesuai atau tidak. dan juga teori teori yag digunakan oleh penulis apakah sasui dengan judul.

3.untuk mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang dicari adalah kita perlu memahami dasar2 dari tema yang diangkat oleh jurnal tersebut,tidak mengunakan metode speed reading,membuat klompok diskusi terbatas untuk membahas isi buku jurnal tersebut untuk membangun pemahaman yang lebih komperhensif tentang isi buku jurnal tersebut

rohani mengatakan...

1.Membedakan jurnal /buku teks yang baik atau tidak adalah meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. Menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema / topik yang akan kita baca atau tidak.
2.Misal penulis tersebut sering digunakan dalam referensi karya tulis ilmiah orang lain maka kita dapat menilai bahwa penulis tersebut baik.
3.Cara mengetahui isi jurnal /buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema /topik yg kita cari yaitu dengan cara membaca ringkasan buku tersebut dimana dalam ringkasan tersebut berisi teori, konsep berpikir, epidemiologi, kejadian biologisnya, metodologisnya dan hasil penelitiannya sesuai apa tidak dengan topik yang kita cari.

lucia aranita mengatakan...

1.Bagaimana saudara membedakan jurnal/buku teks itu baik atau tidak ?
Menurut saya,ada beberapa hal yg harus kita baca pd setiap jurnal/buku teks antara Lain : Judul, Abstrak, pendahuluan,metode penelitian, Hasil penelitian, diskusi/kesimpulan/rekomendsi, terakhir kepustakaan(lampiran). Sehingga kita dapat menarik kesimpulan bahwamaka kita bisa simpulkan kalau jurnal/buku teks tsb cukup baik atau tidaknya. Dan tidak lupa untuk mencari KELEMAHAN DARI PENELITIAN PENULIS” tsb.

2. Penulis berbobot atau tidak jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka kita simpulkan kalau penulis tersebut cukup baik.
3. Bagaimana caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari ?
1. Baca judul dan sub judul dari isi buku tersebut, apakah sudah sesuai dengan tema yang kita cari
2. Perhatikan ilustrasi gambar gambar yang disediakan agar dapat mendapat informasi yang lebih jauh tentang isi dari buku tersebut
3. Cari kata kunci dari cover buku sehingga anda dapat menganalisa apa yang dituliskan di buku tersebu

riska novianty mengatakan...

1.Membedakan jurnal /buku teks yang baik atau tidak adalah meilhat judulnya apakah menarik atau tidak. Menarik maksudnya adalah sesuai dengan tema / topik yang akan kita baca atau tidak.

2. kita lihat dari riwayat singkat penulisnya,kalau banyak di gunakan refrensi dalam karya tulis orang lain maka bisa di katakan kalau penulis tsbt cukup baik,

3.harus di baca dg cara membacanya.isi keseluruhan dari isi jurnal tersebut. dengan cara membaca keseluruhan kita dapat menyimpulkan sesuai atau tidak nya.

nuraini naesa mengatakan...

Nuraini/12320194.P
1. Cara membedakan sebuah jurnal/buku teks dikatakan baik atau tidak kita lihat dari judul/topik yang kita cari/baca, jika sesuai dengan tema/topik yang akan kita cari,maka jurnal tersebut dikatakan baik,sebaliknya jika tidak sesuai dengan topik yang kita cari maka jurnal tersebut dikatakan tidak baik

2. Cara kita menentukan Penulis itu baik atau tidak pertama kita lihat dari riwayat penulis, selanjutnya kita lihat dari hasil karya orang lain, jika banyak yang menggunakan hasil karyanya sebagai referensi maka penulis tersebut dikatakan penulis yang baik
3. Cara kita mengetahui isi jurnal/buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang kita cari adalah dengan membaca resume jurnal/buku teks tersebut, apakah tulisannya valid dan bermanfaat sesuai dengan tema kita.

joni irwantoni mengatakan...

1.sebuah jurnal yang baik harus jelas artinya menggunakan bahasa yang ringkas dan menepati sasaran,logik artinya segala keterangan yang dipaparkan harus memiliki dasar dan alasan yang masuk akal dan dapat diuji kebenarannya,serta teliti,objektif dan cermat.
2.dengan melihat riwayat penulis.apakah tema yang dibahas sesuai dengan bidang keilmuannya serta mau mengungkapkan kelemahannya.
3.dengan membaca keseluruhan apakah ada kesesuaian antara teori,konsep berfikir,epidemiologi,kejadian biologis dan hasil penelitian.

lissa prantauwaty mengatakan...

1.lihat dari daftar referensi yang menjadi sumber rujukannya.semakin banyak referensinya,maka semakin baik buku tersebut.
2.kita baca biografi si penulis.
3. Membaca Abstrak, Pendahuluan dan Kesimpulan dari sebuah jurnal untuk mendapatkan gambaran umum yang jelas mengenai maksud & tujuan dari jurnal tsbt. Abstrak yang baik memang mampu memberikan gambaran umum mengenai isi dari makalah, Namun ternyata tidak semua Abstrak ditulis dengan baik. Beberapa abstrak dapat saja tidak memberikan gambaran dari isi. Sehingga pada akhirnya untuk mendapat gambaran umum, dapat dilakukan dengan membaca pendahuluan dan kesimpulan saja.

bandar bola terpercaya mengatakan...



jasa seo
jasa seo indonesia
jasa seo terpercaya
seo indonesia
jasa seo web judi
jasa buat website
jasa pembuatan website

situs poker
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli
situs bandarq
situs dominobet qq

LK21


agen bola terpercaya
judi bola online
abandar bola terpercaya
taruhan bola online
agen judi online

agen casino indonesia mengatakan...


situs judi online
poker online
agen judi bola
agen judi terpercaya dan terlengkap
judi online

liveskor
livescore
hasil pertandingan
skor pertandingan

bandar judi online
taruhan bola sbobet
agen casino indonesia
judi online
bandar taruhan bola online

situs judi piala dunia 2018 mengatakan...


Jadual bola malam ini
Agen bola
Judi Online
Agen Bola Online

casino online terbaik
casino online
judi online
agen casino online
judi live casino

agen judi
agen bola
situs judi
judi bola
judi online
bandar bola
bandar judi
situs taruhan
taruhan bola
taruhan online
situs judi bola
situs judi online
situs judi terpercaya
agen bola terpercaya
agen judi online
judi online terpercaya
agen judi terpercaya
bandar judi online
bandar bola terpercaya
judi bola online
agen piala dunia 2018
bandar piala dunia 2018
situs taruhan piala dunia 2018
situs judi piala dunia 2018
agen resmi piala dunia 2018

agen bola mengatakan...


Agen togel
judi togel
bandar togel online
bandar togel
togel singapura
togel online
bandar judi togel
agen togel online
judi togel online
togel sydney
togel hongkong

Agen togel
judi togel
bandar togel
bandar togel online
togel singapura
togel online
bandar judi togel
agen togel online
judi togel online
togel sydney
togel hongkong

agen poker
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli
situs poker

JUDI BOLA
SBOBET
AGEN BOLA TERPERCAYA

agen bola
judi bola terpercaya