Senin, 29 April 2013

MPEL-4 : PENENTUAN PRIORITAS MASALAH METODE PAHO


Selain dengan metode matriks yang telah disampaikan pada elearning yang lalu, ada metode lain yaitu yang telah dibuat oleh Pan American Health Organization dan dikenal dengan metode PAHO.
Pada metode PAHO ini juga menggunakan skor pada setiap variabel penilaian, dengan menggunakan skor 1-10, dan penilaiannya lebih luas dibadingkan dengan matriks, yaitu :
Magnitude : adalah mengukur besaran kejadian, misal untuk kasus penyakit menular maka kita bisa menggunakan Angka total kesakitan (Prevalence Rate), BUKAN menggunakan Incidens Rate (kasus baru).
                 Makin besar kasusnya makin besar skor yang diberikan.
Severity : adalah tingkat keparahan, artinya kita melihat dari kasus tersebut :
·        Banyak menimbulkan kematian atau tidak
·        Penyebarannya Cepat apa tidak
·         Sebarannya luas apa tidak
Makin tinggi tingkat keparahannya maka skor makin besar.
Vulnerabelity : adalah tingkat kerentanan, disini dilihat dari sudut kemampuan kita untuk menanganinya, ketersediaan teknologinya dsb.
                 Makin tersedianya ahli, peralatan dan teknologi maka skor makin besar, dan makin sulit ditangani skornya rendah
Community / Political Concern : adalah tingkat perhatian , diukur dari perhatian para pengambil kebijakan dan masyarakat, biasanya kita lihat dari kehebohan masyarakat atau pimpinan daerah dalam menyikapi kasus yang sedang terjadi.
                 Makin tinggi tingkat perhatiannya maka makin tinggi skornya.
Penilaian dengan metode PAHO dilakukan oleh Tim (beberapa orang) dan dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi dari semua tim penilai, karena kalau tidak maka akan banyak terjadi bias dalam penilaian.
Setelah masing-masing anggota memberikan penilaian maka diambil rata-rata, bila ada anggota tim yang menilai ekstrim maka nilai ekstrim tersebut dibuang, tidak masuk dalam rata-rata, selanjutnya nilai rata-rata tersebut dibulatkan.
Misal : untuk menilai magnitude kasus kejadian demam berdarah dengue (DBD) di suatu wilayah, anggota 1 memberi nilai 7, anggota 2 memberi nilai 8, anggota 3 memberi nilai 7, anggota 4 memberi nilai 3, maka angka 3 tidak kita pakai dalam menghitung rata-rata, jadi nilai hanya diambil rata-rata dari 3 orang anggota yang memberi nilai 7,8,7.
Setelah semua variabel diberi penilaian, maka masing-masing kasus kita hitung skor totalnya dengan cara : M x S x V x C
Tabel dikiri ini membantu kita untuk menentukan prioritas masalah, Total skor merupakan perkalian M x S x V x C.









Setelah total skor dihitung, maka kita ranking dari skor terbesar (ranking 1) ke skor terendah dan ranking tersebut merupakan urutan prioritas masalah yang harus ditangani.

Setelah penentuan ranking, maka tiap masalah kita analisa AKAR PENYEBAB MASALAHNYA dengan metode : Fish bone analysis atau Problem tree.


Selanjutnya anda jawab pertanyaan dibawah ini pada kolom komentar.
1.      Berdasarkan elearning yang lalu penentuan prioritas masalah bisa menggunakan metode matriks dan metode PAHO. 
  1. Coba jelaskan kelebihan dan kelemahan masing-masing metode tersebut.
  2. Jelaskan perbedaan metode menentuan akar masalah Fish bone dan Problem tree’s

 

54 komentar:

voni triana mengatakan...

KELEMAHAN metode POHA yaitu
1. penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
KELEBIHAN metode POHA yaitu vara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas
Perbedaan antara Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.
Sedangkan Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

wisnu gigi mengatakan...

metode matriks sebagai suatu cara pengelaborasian dan pembuatan perbandingan untuk informasi kompleks.
Pengggunaan Analogi Analogi adalah perbandingan yang dibuat untuk menunjukkan kesamaan antara ciri – ciri pokok

metode PAHO menitik beratkan masalah kesehatan berdasarkan prevalensi penyakit yang menunjukkan besarnya masalah

Fish Bone alat sistematis yang menganalisis persoalan dan faktor-faktor yang menimbulkan persoalan tersebut.

Problem Tree's (pohon masalah) merupakan analisa yang menunjukkan masalah serta akar akibatnya, yang berarti menunjukkan keadaan sebenarnya atau situasi yang tidakdiharapkan

heri yani mengatakan...

1. kelebihan PAHO menghitung nilai skor untuk metode PAHO menggunakan SKOR maka penilaian makin luas sehingga makin besar kasur maka makin besar skor yang digunakan. kekurangan paho : manghitumng nilai skor untuk membandingkan suatu kasus.
2. kelebihan Fishbone diagram adalah dapat menjabarkan setiap masalah yang terjadi dan setiap orang yang terlibat di dalamnya dapat menyumbangkan saran yang mungkin menjadi penyebab masalah tersebut. Sedang Kekurangan Fishbone diagram adalah opinion based on tool dan di design membatasi kemampuan tim / pengguna secara visual dalam menjabarkan masalah yang mengunakan metode “level why” yang dalam, kecuali bila kertas yang digunakan benar – benar besar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Serta biasanya voting digunakan untuk memilih penyebab yang paling mungkin yang terdaftar pada diagram tersebut.

perbedaan menetukan akar fisbone:
lebih menentukan / menganalisa faktor - faktor akar penyebab masalah.
problem tree:
menganalisa masaklah yang ditimbulkan

Yeni Ekafirdaus mengatakan...

Kelebihan PAHO: Penilaian lebih luas dibandingkan dg metode matriks.

Kekurangan PAHO: karena penilaian dilakukan oleh tim(bbrp org)shg dibthkn ahli utk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tdk bias.

Fish bone yaitu di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

nirmala mala mengatakan...

Kelebihan PAHO adalah mudah dilakukan dan cepat.
kelemahan PAHO adalah
penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.dan penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

2.Fishbone diagram akan mengidentifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau masalah, dan menganalisis masalah tersebut melalui sesi brainstorming. Masalah akan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berkaitan, mencakup manusia, material, mesin, prosedur, kebijakan, dan sebagainya. Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.

problem tree menganalisa masalah dg menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan.

Heni Yuliana Sari mengatakan...

Kelemahan dari POHA :
Penilaian dilakukan oleh orang-orang yang dominan melakukan penilaian, sehingga nilai yang ekstrim tidak dianggap.

Kelebihan POHA :
Pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga kesimpulan dapat segera diambil.

Perbedaan antara Fish Bone dan problem tres :
Fish none : mementingkan faktor2 yang akan timbul dari masalah yang dihadapi sedangkan Problem trees melakukan identifikasi masalah dari akar2 atau penghubung dari problem yang timbul dari masalah tsb .

sri ayu mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
a. Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

b. Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Diki Yuregi mengatakan...

Kelebihan metode PAHO adalah, penilaian yang dilakukan lebih kompleks namun dalam aplikasinya di lapangan lebih cepat dibandingkan dengan matriks.

Kelemahannya adalah, rentan terjadi bias dalam penilaiannya, karena ahli harus benar-benar mengkaji dan menilai seluruh hasil penelitian para peneliti.

Fish bone mengidentifikasi berbagai masalah yang kemudian masalah tersebut dibagi menjadi beberapa katagori dan setiap katagori masalah harus di uraikan.

Peoblem tree's adalah teknik mencari penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

ani riantuti mengatakan...

Kelemahan metoda paho:
1. Penentuan nilai skor didasarkan pd penilaian kuantitatif shg bisa saja tidakobjektif
2. penentuan kriteria kadang tidak tepat dengan masalah
Kelebihan :
1. Mudah dilakukan dengan cepat
2. Beberapa kriteria penting bisa sekaligus dimasukkan dalam pertimbangan penentuan prioritas.

Perbedaan fishbone dan problem Tree's
Pada fish bone ( analisa tukang ikan )cara mengidentifikasi permasalahan lebih kepada faktor- faktor yang akan timbul dari masalah itu sendiri.
problem tree's (analisa pohon masalah ) cara mengidentifikasi permasalahan dengan teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum ( sampai ke akar permasalahan yang ada )

okta trisiasari mengatakan...

kelemahan paho:dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi dari semua tim penilai,karena kalau tidak maka akan banyak terjadi bias dalam penilaian.
kelebihan: penilainy dilakukan skor maka penilainy bisa lebih luas
Fish bone menentukan / menganalisa faktor penyebab masalah.
problem tree:identifikasi masalah

sefni listiana mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
Kelebihan Metode PAHO :
1. Mudah dilakukan dengan cepat
2. penilaian lebih luas di bandingkan dengan methode matriks.

Perbedaan fishbone dan problem Tree's :

Fish bone yaitu di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung berfikir pada rutinitas

problem tree's (analisa pohon masalah ) cara mengidentifikasi permasalahan dengan teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum ( sampai ke akar permasalahan yang ada )





Joni Nasbar mengatakan...

Kelebihan PAHO: Penilaian lebih luas dibandingkan dg metode matriks.

Kekurangan PAHO: karena penilaian dilakukan oleh tim(bbrp org)shg dibthkn ahli utk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tdk bias.

Fish bone yaitu di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum

nina sopiana mengatakan...

1.a)kelebihan: -pada metode PAHO penilaiannya secara menyeluruh dg mengukur besaran kejadian dr tingkat keparahan,tingkat kerentanan,tingkat perhatian jelas berbeda dg matriks.
-pada metode fishbone: dapat menjabarkan setiap masalah
B)sedangkan kelemahan: -metode PAHO ini penilaian dilakukan oleh tim sehingga menimbulkan penilaian yg tidak objektif.
-metode fishbone : membatasi kemampuan tim secara visual dlm menjabarkan masalah


2.Perbedaannya
- metode fishbone: identifikasi penyebab masalah cenderung pd rutinitas dan analisanya lebih kpd faktor2 yg menimbulkan masalah
-problem tree : menunjukkan keadaan masalah yg sebenarnya

evi yulia mengatakan...

PAHO mengunakan skor pada setiap variabel penilaian dengan menggunakan skor 1-10,penilaian nya lebih luas dibandingkan matriks
PAHO mengukur besaran kejadian misal angka total kesakitan (prevalence Rate) sedangkan matriks menggunakan incidens rate (kasus baru)
penilaian dengan metode Paho dilakukan oleh tim/beberapa org dan dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi dari semua tim penilaikarena kalau tidak akan terjadi bias dalam penilaian
fish bone untuk menentukan atau menganalisa masalah sedangkan problem tree untuk identifikasi masalah

Eflina Skm mengatakan...

metode matriks sebagai suatu cara pengelaborasian dan pembuatan perbandingan untuk informasi kompleks.
Pengggunaan Analogi Analogi adalah perbandingan yang dibuat untuk menunjukkan kesamaan antara ciri – ciri pokok

metode PAHO menitik beratkan masalah kesehatan berdasarkan prevalensi penyakit yang menunjukkan besarnya masalah

Fish Bone alat sistematis yang menganalisis persoalan dan faktor-faktor yang menimbulkan persoalan tersebut.

Problem Tree's (pohon masalah) merupakan analisa yang menunjukkan masalah serta akar akibatnya, yang berarti menunjukkan keadaan sebenarnya atau situasi yang tidakdiharapkan

Evan Sunarya mengatakan...

Kelebihan metode PAHO adalah penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks, sedangkan kekurangan metode PAHO
karena penilaian dilakukan oleh tim sehingga dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tidak bias.

Perbedaan Fish bone dan problem tree's adalah
Fish bone di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas, sedangkan Problem tree's digunakan untuk mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

meli maulina sari mengatakan...

Kelebihan Metode POHA yaitu mudah dan cepat, tidak membutuhkan waktu lama.
Kekurangan Metode POHA yaitu penentuan kriteria kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
Sedangkan perbedaan fish bone dan Problem tree s yaitu
Fish bone : menganalisa faktor - faktor akar penyebab masalah.
Problem tree s : menganalisa masalah yang ditimbulkan

Evan Sunarya mengatakan...

Kelebihan metode PAHO adalah penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks, sedangkan kekurangan metode PAHO
karena penilaian dilakukan oleh tim sehingga dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tidak bias.

Perbedaan Fish bone dan problem tree's adalah
Fish bone di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas, sedangkan Problem tree's digunakan untuk mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Diantika Permata Sari mengatakan...

Kekurangan Metode PAHO penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif, penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan Metode PAHO mudah dilakukan dan cepat, beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukkan dalam pertimbangan penentuan prioritas.

Metode Fish Bone
Alat analisis yang menyediakan cara sistematis dalam memandang efek dan sebab-sebab yang membuat atau berkontribusi terhadap efek-efek. Menemukan penyebab masalah baik penyebab utama maupun penyebab lainnya. Dengan menggunakan fishbone diagram akan diketahui penyebab yang saling berkaitan. Dengan demikian akan didapat kejelasan dari permasalahan yang ada dimana perbaikan dapat dilakukan dengan mencari masalahnya dan menyelesaikan permasalahan tersebut. Dengan metode anak tangga (stair stepping), mulai dengan mengajukan pertanyaan “Mengapa hal itu bisa terjadi ?” kepada masalah utama yang terlihat di permukaan. Jika ketemu jawabannya, maka pertanyaan yang sama diulangi kembali kepada jawaban tersebut. Begitulah seterusnya, sampai ketemu SATU akar penyebab masalah yang paling mendasar.

Metode Problem tree’s
Suatu metoda menstrukturkan masalah sehingga masalah tsb dapat dipisahkan menjadi masalah utama, masalah penyebab, dan masalah akibat.

jeffri herlangga mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
a. Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

b. Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

alwin iman mengatakan...

KELEMAHAN metode POHA yaitu
1. penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

KELEBIHAN metode POHA yaitu vara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas
Perbedaan antara Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

Sedangkan Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

ellen pratiwi mengatakan...

a. kelemahan pada metode PAHO ini. Pertama, penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif. Kedua , penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah. Kelebihan cara ini adalah mudah dilakukan dan cepat. Beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukkan dalam pertimbangan penentuan prioritas.

b. Kelebihan Fishbone diagram adalah dapat menjabarkan setiap masalah yang terjadi dan setiap orang yang terlibat di dalamnya dapat menyumbangkan saran yang mungkin menjadi penyebab masalah tersebut. Sedang Kekurangan Fishbone diagram adalah opinion based on tool dan di design membatasi kemampuan tim / pengguna secara visual dalam menjabarkan masalah yang mengunakan metode “level why” yang dalam, kecuali bila kertas yang digunakan benar – benar besar untuk menyesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Serta biasanya voting digunakan untuk memilih penyebab yang paling mungkin yang terdaftar pada diagram tersebut.


ellen pratiwi mengatakan...

Fishbone diagram akan mengidentifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau masalah, dan menganalisis masalah tersebut melalui sesi brainstorming. Masalah akan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berkaitan, mencakup manusia, material, mesin, prosedur, kebijakan, dan sebagainya. Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.

Pohon
Masala
h

U
ntuk mencari MASALAH POKOK, metode pohon masalah ini mencobamenelusuri masalah hingga ke AKAR MASALAH. Harapannya, jika akar masalahtersebut bisa terpecahkan maka masalah utama akan terpecahkan.Instrumen yang paling umum digunakan adalah pohon masalah.
1.

Tuliskan satu MASALAH POKOK pada selembar kartu dan tempelkan padapapan tulis atau pinboard2.

Carilah penyebab langsung terjadinya masalah pokok tersebut denganmenelusuri hubungan SEBAB AKIBAT3.

Telusuri SEBAB AKIBAT sampai ke akar penyebabnya, sampai POHON MASALAHterbentuk secara lengkap4.

Tulislah satu pernyataan yang dianggap sebagai penyebab langsung terjadinyaMasalah Pokok5.

Begitu seterusnya sampai tidak ada lagi yang masih dapat diidentifikasi sebagaipenyebab langsung terjadinya keadaan6.

Tempelkan semua kartu pada papan tempel dan tunjukkan hubungan SEBAB-AKIBAT dengan tanda panah7.

Tanpa harus menjadi terlalu rinci, periksa kembali DIAGRAM pohon masalahuntuk melihat apakah pernyataan SEBAB-AKIBAT atas setiap keadaan yangditulis pada setiap kartu telah lengkap8.

Sepakati DIAGRAM Pohon Masalah sebagai hasil kerja bersama

andri waparoga mengatakan...

Kelebihan PAHO ada pada penilaian lebih luas dibandingkan dg metode matriks.

Kekurangan PAHO adalah karena penilaian dilakukan oleh tim(bbrp org)shg dibthkn ahli utk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tdk bias.

Fish bone yaitu di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

andri waparoga mengatakan...

Kelebihan PAHO ada pada penilaian lebih luas dibandingkan dg metode matriks.

Kekurangan PAHO adalah karena penilaian dilakukan oleh tim(bbrp org)shg dibthkn ahli utk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tdk bias.

Fish bone yaitu di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Aninda Wahyuni mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif, dan penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah. Kelebihan cara ini adalah mudah dilakukan dan cepat. Beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukkan dalam pertimbangan penentuan prioritas.

Kelebihan metode PAHO yaitu penilaiannya lebih luas dan lebih cepat dari pada metode matriks.

Perbedaan fishbone dengan trees
Fishbone diagram akan mengidentifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau masalah, dan menganalisis masalah tersebut melalui sesi brainstorming. Masalah akan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berkaitan, mencakup manusia, material, mesin, prosedur, kebijakan, dan sebagainya. Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.

Problem tree's(pohon masalah) disebut juga analisis situasional membantu untuk mencari solusi dengan memetakan anatomi sebab dan akibat sebuah isu dalam cara yang mirip dengan Mind map, tapi dengan struktur yang lebih.

mei riani mengatakan...

1.Kelebihan dan kekurangan PAHO:
- Kelebihan PAHO: Penilaian lebih luas dibandingkan dg metode matriks.

- Kekurangan PAHO: karena penilaian dilakukan oleh tim(beberapa orang)sehingga dibutuhkan ahli utk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tdk bias.

2.Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
-Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

-Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Handayani Ani mengatakan...

A. Kelebihan dari metode Matriks untuk menentukan solusi partikulir PD Linear Orde Dua Tak Homogen dengan Koefisien Konstanta adalah sebagai berikut:
1. Solusi PD homogen tidak diperlukan, dan Akar-akar karakteristik PD homogen tidak dibutuhkan secara lengkap, tetapi hanya menurunkan/ mendiferensialkan bentuk pada persamaan (10) secara sederhana sebanyak kali terhadap parameter dengan merupakan kelipatan dari a sebagai akar karakteristik polinom
2. Sistematika pengerjaan mencari solusi lebih sederhana, karena dalam pengerjaan tinggal mensubstitusi parameter-parameter yang diketahui kedalam bentuk rumus umum dan juga tidak berhubungan dengan konstanta tak diketahui seperti pada metode Koefisien Tak Tentu dan Variasi Parameter. Ini mengakibatkan kesalahan dalam pengerjaan akan sangat menjadi kecil.
3. Dengan perkembangan perangkat lunak dibidang Matematika seperti, perangkat lunak Mathematica dan Maple, akan sangat memudahkan pengerjaan dengan metode Matriks ini. Hal ini akan menstimulir, khususnya mahasiswa Matematika untuk menggunakan perangkat lunak dibidang Matematika.
4. Dalam penurunan metode Matriks ini, khususnya mahasiswa Matematika, menambah wawasan tentang aplikasi dari konsep-konsep dasar Matematika, khususnya konsep Matriks, Linearitas dan Identitas Euler, pada masalah PD Linear Orde Dua tak Homugen untuk mencari solusi partikulir.

Kelemahan dari metode Matriks ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk dapat memahami penurunan konsep metode Matriks diperlukan pengetahuan tentang metode Koefisien tak Tentu terlebih dahulu.
2. Apabila pengetahuan mengenai perangkat lunak Mathematica dan sejenisnya tidak dimiliki, penyelesaian solusi Partikulir untuk PD yang mempunyai bentuk hasil perkalian fungsi eksponensial dengan polinom berderajat tinggi akan menjadi sedikit rumit, karena dalam proses penyelesaian akan menemukan matriks berukuran besar dalam penentuan invers matriks.
3. Bentuk fungsi yang dapat diselesaikan dengan metode Matriks ini hanya terbatas dalam bentuk-bentuk perkalian antara fungsi eksponensial dan polinom, karena metode ini diturunkan dari metode Koefisien tak Tentu.
Kelemahan dari POHA :
- Penilaian dilakukan oleh orang-orang yang dominan melakukan penilaian, sehingga nilai yang ekstrim tidak dianggap.

Kelebihan POHA :
- Pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat, tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga kesimpulan dapat segera diambil.
B. Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
a. Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

b. Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Restika Putri mengatakan...

Kelebihan metode PAHO :
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Kelemahan metode PAHO :
1. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
2. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.



Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s :
a. Metode Fish bone di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

b. Problem tree s teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

ria putri mengatakan...

Kelebihan PAHO yaitu mudah dilakukan dan cepat.
kelemahan PAHO yaitu
penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.dan penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

2.Fishbone diagram akan mengidentifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau masalah, dan menganalisis masalah tersebut melalui sesi brainstorming. Masalah akan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berkaitan, mencakup manusia, material, mesin, prosedur, kebijakan, dan sebagainya. Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.

problem tree menganalisa masalah dg menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan.

ria putri mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Ferlinia Fitri mengatakan...

Kelebihan metode PAHO :
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Kelemahan metode PAHO :
1. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
2. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
Perbedaan antara Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.
Sedangkan Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Maryana Asikin mengatakan...

Kelebihan metode PAHO adalah: penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks, sedangkan kekurangan metode PAHO
karena penilaian dilakukan oleh tim sehingga dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tidak bias.

Perbedaan Fish bone dan problem tree's adalah
Fish bone di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas,
sedangkan Problem tree's digunakan untuk mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Y Oktensis mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Perbedaan Fishbone dengan trees :
a. Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

b. Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.





Mahfudin Romadhon mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu:
• Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persepsi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
• Penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu:
• Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
• Cara ini mudah di lakukan dan cepat, beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas
• Cara ini juga melakukan penilaian yang dilakukan lebih kompleks namun dalam aplikasinya di lapangan lebih cepat dibandingkan dengan matriks.

Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
• Metode Fish bone yaitu Metode yang digunakan dalam analisis tulang ikan (fishbone analysis) yakni mencari akar masalah. Akar permasalahan dirumuskan dalam prinsip 5M+2 ataudikategorikan dalam 7 kategori, yakni Man, power, Machine, Method, Material, Media. Motivation (soft competency), Money.

• Problem tree’s yaitu merupakan analisa yang menunjukkan masalah serta akarakibatnya, yang berarti menunjukkan keadaan sebenarnya atau situasi yang tidak diharapkan. Analisis pohon masalah membantu untuk menemukan solusi denganmemetakan sebab dan akibat disekitar masalah utama untuk membentuk pola pikir,tetapi dengan lebih terstruktur.

karmila sari mengatakan...

kelebihan metode PAHO ad:Penilaiaan yang dilakukan lebih kompleks dan luas di bandingkan dengan metode matriks.
Cara ini lebih cepat dan mudah dilakukan dan tidak membutuhkan waktu yang lama ,sehingga kesimpulan dapat segera di ambil
Kelemahan metode PAHO ad:Penilaian harus di lakukan oleh beberapa org sehingga dibutuhkan persamaan persepsi.
Penilaiaan berdasarkan penilaiaan kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.
Perbedaan Fish bone dan problems tree ad: Fish bone merupakan suatu cara atau sistem untuk menganalisa atau mengidentifikasi masalah serta faktor-faktor yang menimbulkan msasalah tersebut.
Problems tree ad: merupakan analisa dari masalah dan dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan.

Luchyanna Rajagukguk mengatakan...

1.Kelebihan metode PAHO adalah penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks, sedangkan kekurangan metode PAHO
karena penilaian dilakukan oleh tim sehingga dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tidak bias.

2.Perbedaan Fish bone dan problem tree's adalah
Fish bone di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas, sedangkan Problem tree's digunakan untuk mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum

dwiastuti widianingrum mengatakan...

Kelebihan Metode Matriks
a) Mampu mencapai tingkat koordinasi yang diperlukan untuk menjawab tuntutan “ganda” lingkungan.
b) Dapat memanfaatkan karyawan secara fleksibel.
c) Sesuai untuk pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil.
d) Sangat sesuai untuk organisasi ukuran sedang.
Kekurangan Metode Matriks
a) Adanya wewenang ganda menyebabkan munculnya kebingungan.
b) Menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi.
c) Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal.

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas


PERBEDAAN METODE MENENTUAN AKAR MASALAH FISH BONE DAN PROBLEM TREE’S
Metode yang digunakan dalam analisis tulang ikan (fishbone analysis) yakni mencati akar masalah . Akar permasalahan di rumuskan dalam 5 M + 2 atau di kategorikan dalam 7 kategori,yakni : Manpower, Machine, Methods, Material, Media, Mativation dan Money

Metode pohon masalah (problem tree’s) adalah metode perencanaan berdasarkan kebutuhan. Analisis pohon masalah diikuti dengan perencanaan proyek actual . Secara teknis, pembuatan pohon masalah menjasi 2, yakni :
1. Identifikasi dan formulasi masalah
2. Menyusun hubungan sebab akibat

rosha nera novyta mengatakan...

Kelebihan dan kekurangan PAHO:
- Kelebihan PAHO: Penilaian lebih luas dibandingkan dg metode matriks.

- Kekurangan PAHO: karena penilaian dilakukan oleh tim(beberapa orang)sehingga dibutuhkan ahli utk menyatukan persepsi oleh tim ahli agar persepsi yg dihasilkan tdk bias.

Fish bone di gunakan utk mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas, sedangkan Problem tree's digunakan untuk mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

lia oktavia mengatakan...

Kekurangan Metode PAHO penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif, penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan Metode PAHO mudah dilakukan dan cepat, beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukkan dalam pertimbangan penentuan prioritas.

a. Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

b. Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

EKA NOVITA mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
3. penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.
Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
a. Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.
b. Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

evri nelita mengatakan...

Kelebihan dan kekurangan Metode Matriks
kelebihan
a) Sesuai untuk pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil.
b) Sangat sesuai untuk organisasi ukuran sedang.

kekurangan
a) Menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi.
b) Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal.

Kelemahan metoda paho:
1. Penentuan nilai skor didasarkan pd penilaian kuantitatif shg bisa saja tidakobjektif
2. penentuan kriteria kadang tidak tepat dengan masalah
Kelebihan :
1. Mudah dilakukan dengan cepat
2. Beberapa kriteria penting bisa sekaligus dimasukkan dalam pertimbangan penentuan prioritas.



Perbedaan Metode Menentuan Akar Masalah Fish Bone Dan Problem Tree’s

Metode pohon masalah (problem tree’s) adalah metode perencanaan berdasarkan kebutuhan. Analisis pohon masalah diikuti dengan perencanaan proyek actual .
Metode yang digunakan dalam analisis tulang ikan (fishbone analysis) yakni mencati akar masalah . Akar permasalahan di rumuskan dalam 5 M + 2 atau di kategorikan dalam 7 kategori,yakni : Manpower, Machine, Methods, Material, Media, Mativation dan Money

Asther Rini Astuti mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai karena terkadang dapat terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
3. penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah dilakukan dan cepat, beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas.


Perbedaan antara metode Fish bone dengan metode Problem tree's yaitu :
a. Metode Fish bone yaitu digunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.
b. Problem tree's yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Yuniati Hariyadi mengatakan...

KELEMAHAN metode PAHO yaitu :
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai karena terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
a. Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.

b. Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

Ricko Hendrawan mengatakan...

Kelebihan Metode Matriks
a) Lebih sederhana
b) Tidakharus menggunakan tenaga perencanaan yg sangat ahli.
c) Sesuai untuk pengambilan keputusan yang sifatnya rumit serta lingkungan yang tidak stabil.
d) Sangat sesuai untuk organisasi ukuran sedang.

Kekurangan Metode Matriks
a) Adanya wewenang ganda menyebabkan munculnya kebingungan.
b) Menghabiskan banyak waktu untuk koordinasi.
c) Hanya bisa berjalan jika hubungan bersifat kolegial bukan vertikal.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan perspesi dari semua tim penilai karena terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.


PERBEDAAN METODE MENENTUAN AKAR MASALAH FISH BONE DAN PROBLEM TREE’S
Metode yang digunakan dalam analisis tulang ikan (fishbone analysis) yakni mencari akar masalah . Akar permasalahan di rumuskan dalam 5 M + 2 atau di kategorikan dalam 7 kategori,yakni : Manpower, Machine, Methods, Material, Media, Mativation dan Money

Metode pohon masalah (problem tree’s) adalah metode perencanaan berdasarkan kebutuhan. Analisis pohon masalah diikuti dengan perencanaan proyek actual . Secara teknis, pembuatan pohon masalah menjasi 2, yakni :
1. Identifikasi dan formulasi masalah
2. Menyusun hubungan sebab akibat

Hanif fkm mengatakan...

1. a) kelebihan PAHO menghitung nilai skor untuk metode PAHO menggunakan SKOR maka penilaian makin luas sehingga makin besar kasur maka makin besar skor yang digunakan.
b) kekurangan paho : manghitumng nilai skor untuk membandingkan suatu kasus yang didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.

2)Perbedaan Fishbone dengan Problem tree
a) Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas
b) Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

agus fkm mengatakan...

1.Kelebihan Metode PAHO dalam menetukan penilaian lebih sederhana dan mudah karena semua variabel diberi penilaian, dan masing-masing kasus dihitung skor totalnya dengan cara diranking dari skor terbesar (ranking 1) ke skor terendah dan ranking tersebut merupakan urutan prioritas masalah yang harus ditangani

Kekurangan Penilaian dengan metode PAHO dilakukan oleh Tim (beberapa 1-10 orang) dan dibutuhkan ahli untuk menyatukan persepsi dari semua tim penilai, karena kalau tidak maka akan banyak terjadi bias dalam penilaian.

2.Metode menentuan akar masalah Fish bone adalah data yang ditulis berdasarkan sebab akibat yang multidimensi oleh beberapa factor yang mempengaruhinya secara umum.
dan sedangkan menentukan dengan Problem tree’s cukup dengan data tertulis secara obyektif dan mendukung apa terlihat secara khusus dan mendalam .

Trmkash……

eka lizyani mengatakan...

1. penentuan prioritas masalah berdasarkan
MATRIKS
# Kelebihan
a. merupakan cara yang sederhana
b. lebih cepat mendapatkan hasil

# kelemahan
a. kriteria penilaian terbatas
b. hasil penilaian yang diperoleh dapat menjadi bias karena tidak adanya tenaga ahli yang terlibat.

PAHO
# Kelebihan
a. hasil penilaian yang didapat lebih jelas karena kriteria penilaian yang lebih lengkap.
b. hasil penilaian lebih akurat karena tenaga ahli turut terlibat
c. meraupakan hasil kerja tim

# kelemahan
a. waktu yang diperlukan untuk mendapat hasil lebih lama karena kriteria penilaian lebih kompleks
b. hasil penilain pada salah satu anggota tim dapat diabaikan jika mempunyai nilai ekstrim.


2. Perbedaan antara fish bone dan tree diagram adalah :
jika menggunakan tree diagram,pengguna cenderung berfikir dalam hal KAUSALITAS.
Jika menggunakan fish bone, pengguna cenderung berfikir KATEGORISASI (pengelompokan penyebab).

Hudri Krui mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu

1. Harus dilakukan oleh beberapa orang
2. Dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
3. Penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu
1. Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
2. Cara ini mudah di lakukan dan cepat.beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas
a) Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
Metode Fish bone yaitu di gunakan ketika kita ingin mengidentifikasi kemungkinan penyebab masalah dan terutama ketika sebuah team cenderung jatuh berfikir pada rutinitas.
b) Problem tree s yaitu teknik mencari jalan penghubung yang dapat menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan sampai memperoleh jarak minimum.

rudi irawanskm mengatakan...

Kelebihan PAHO adalah mudah dilakukan dan cepat.
kelemahan PAHO adalah
penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif.dan penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

2.Fishbone diagram akan mengidentifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau masalah, dan menganalisis masalah tersebut melalui sesi brainstorming. Masalah akan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berkaitan, mencakup manusia, material, mesin, prosedur, kebijakan, dan sebagainya. Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.

problem tree menganalisa masalah dg menghubungkan semua titik dalam jaringan secara bersamaan.

arif firmansyah mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu
1. Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persesi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
2. penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.
Kelebihan Metode PAHO :
1. Mudah dilakukan dengan cepat
2. penilaian lebih luas di bandingkan dengan methode matriks.

Fish bone menentukan / menganalisa faktor penyebab masalah.
problem tree:identifikasi masalah

NENI ASTUTI mengatakan...

Kelemahan metode PAHO yaitu:
• Harus dilakukan oleh beberapa orang dan juga dibutuhkan ahli yang dapat menyatukan persepsi dari semua tim penilai krn terkadang dpt terjadi bias dalam penilaian.
• Penentuan kriteria kadang- kadang tidak tepat sesuai dengan masalah.

Kelebihan metode PAHO yaitu:
• Penilaiannya lebih luas dibandingkan metode matriks.
• Cara ini mudah di lakukan dan cepat, beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukan dalam pertimbangan penentuan prioritas
• Cara ini juga melakukan penilaian yang dilakukan lebih kompleks namun dalam aplikasinya di lapangan lebih cepat dibandingkan dengan matriks.

Perbedaan antara metode Fish bone dgn metode Problem tree s yaitu :
• Metode Fish bone yaitu Metode yang digunakan dalam analisis tulang ikan (fishbone analysis) yakni mencari akar masalah. Akar permasalahan dirumuskan dalam prinsip 5M+2 ataudikategorikan dalam 7 kategori, yakni Man, power, Machine, Method, Material, Media. Motivation (soft competency), Money.

• Problem tree’s yaitu merupakan analisa yang menunjukkan masalah serta akarakibatnya, yang berarti menunjukkan keadaan sebenarnya atau situasi yang tidak diharapkan. Analisis pohon masalah membantu untuk menemukan solusi denganmemetakan sebab dan akibat disekitar masalah utama untuk membentuk pola pikir,tetapi dengan lebih terstruktur.

eko yulianto mengatakan...

EKO YULIANTO comment :
Penentuan prioritas masalah berdasarkan

# KELEBIHAN #
1. Metode Matrik :
a. merupakan cara yang sederhana
b. lebih cepat mendapatkan hasil
c. dapat digunakan pada organisasi kecil dan sedang

2. Metode PAHO
a. hasil penilaian yang didapat lebih jelas dan lebih luas
b. hasil lebih fleksibel dan lebih akurat karena keterlibatan tenaga ahli
c. merupakan hasil kerja tim

# KELEMAHAN #
1. Metode Matrik
a. kriteria penilaian terbatas
b. hasil penilaian yang diperoleh sering menjadi bias
c. adanya kewenangan ganda pada pimpinannya

2. Metode PAHO
a. waktu untuk mendapat hasil lebih lama karena penilaian yang lebih kompleks
b. hasil penilain pada salah satu anggota tim dapat diabaikan jika mempunyai nilai ekstrim.
c. perlu banyak SDM dan ahli untuk dapat menyatukan persepsi penilaian.


2. Perbedaan antara fish bone dan tree diagram adalah :
Pada Problem tree diagram,kecenderungan berfikir KAUSALITAS, mengidentifikasi dan menformulasikan masalah serta menyusun hubungan sebab akibat

Pada Metode fish bone, kecenderungan berfikir KATEGORISASI (pengelompokan penyebab), dan sebagai alat quality manajemen tools den 7 katagori ( 7M )

Terimakasih

Ronald Liujalu mengatakan...

METODE PAHO :

Kelemahan metode PAHO yaitu penentuan nilai skor sebetulnya didasarkan pada penilaian kuantitatif yang bisa saja tidak objektif, dan penentuan kriteria kadang-kadang tidak tepat sesuai dengan masalah. Kelebihan cara ini adalah mudah dilakukan dan cepat. Beberapa kriteria penting sekaligus bisa dimasukkan dalam pertimbangan penentuan prioritas.

Kelebihan metode PAHO yaitu penilaiannya lebih luas dan lebih cepat dari pada metode matriks.



Perbedaan fishbone dan problem Tree's :
Fishbone diagram akan mengidentifikasi berbagai sebab potensial dari satu efek atau masalah, dan menganalisis masalah tersebut melalui sesi brainstorming. Masalah akan dipecah menjadi sejumlah kategori yang berkaitan, mencakup manusia, material, mesin, prosedur, kebijakan, dan sebagainya. Setiap kategori mempunyai sebab-sebab yang perlu diuraikan melalui sesi brainstorming.