Kamis, 11 Desember 2014

DESA SIAGA
























BERIKUTNYA ANDA WAJIB MENJAWAB PERTANYAAN DIBAWAH INI :
JELASKAN SECARA RINGKAS PERBEDAAN POLIKLINIK KESEHATAN DESA/KELURAHAN DENGAN PUSKESMAS PEMBANTU.
JAWABLAH DIKOLOM KOMENTAR.

61 komentar:

agung ariyan saputra mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) sebagai sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.
Sedangkan puskesmas pembantu adalah >
unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

putri aprilia mengatakan...

PKD adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah , biasanya PKD berada di Desa yang tidak memiliki puskesmas/Rumah SakitDesa yang tidak memiliki puskesmas pembantu (Pustu), Desa yang bukan ibukota kecamatan ,Desa yang bukan dalam wilayah ibukota kabupaten.

Sedangkan Pustu meruapakan unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Nyimas Nawal mengatakan...

PKD adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yg bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sbg pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sbg sarana yankes di tingkat desa.Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi ukbm2 yang ada di desa siaga.
Sedangkan Puskesmas Pembantu adalah unit yankes yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas denfan melaksanakan kegiatan kesehatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Dea Ardelia mengatakan...

Poliklinik kesehatan desa adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyrakat atas dasar musyawarah dalam rangka meningkatnya PHBS masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah kesehatan lain, meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan, meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan, meningkatnya dukungan dan peran aktiv berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa.
Sedangkan Pustu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

YETTY NURULKAMILAH mengatakan...

Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah.

Poliklinik Kesehatan Desa adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa.
Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) sebagai sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.
Dengan keberadaan poliklinik kesehatan desa yang menjadi pusat kegiatan pemberian pelayanan kesehatan paripurna yang lebih dekat, relatif lebih murah dengan mutu yang terjamin pada masing masing desa, jika diberdayakan secara baik mengandung peluang yang dapat digunakan untuk mengakselerasi laju pembangunan bidang kesehatan

ilma muftia mengatakan...

Poliklinik kesehatan desa yaitu
suatu upaya kesehatan yang bersumberdaya masy. (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masy. yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkuan pelayanan kesehatan umtuk masy. PKD juga sebagai pelaksana dan koordinator pengembangan UKBM2 desa siaga. kegiatan2 PKD minimal berupa pelayanan kesehatan dasar, pengamatan epidemiologis pd PM yang dapat menjadi KLB serta faktor2 resiko dan kekurangan gizinya, dan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana serta kegawatdarutan.

puskesmas pembantu yaitu Unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan pelayanan kesehatan lebih sederhana.

lisa ida rohani mengatakan...

PKD adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sebagai sarana yankes ditingkat desa.
Sedangkan puskesmas pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yg sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan kesehatan yg dilakukan puskesmas dalam ruang lingkuo wilayah yg lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yg disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yg tersedia.

citra meilestari mengatakan...

nama : citra mei lestari
npm : 13410031p
Puskesmas Pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. Fungsi puskesmas pembantu untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah. Di Kabupaten masalah keterbatasan penduduk miskin untuk menjangkau pelayanan kesehataan juga sangat terasa. Dengan berbagai hambatan, letak geografis dan sarana transportasi seharusnya pustu menjadi pilihan masyarakat untuk dimanfaatkan karena merupakan satu-satunya pelayanan kesehatan yang bisa di jangkau oleh masyarakat. Namun kenyataannya pemanfaatan pustu masih sangat rendah.
Poliklinik Kesehatan Desa (Polkesdes) adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah dalam rangka :
• Meningkatnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat desa
• Meningkatnya kewasadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah-masalah kesehatan lain.
• Meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan
• Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan
• Meningkatnya dukungan dan peran aktif berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa (stakeholders)
Polkesdes memang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkaun pelayanan kesehatan oleh masyarakat desa.

Nanik Listiawati mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah. Pada dasarnya PKD dioperasikan oleh tenaga dari masyarakat desa yaitu yang berupa kader - kader PKK dan Posyandu serta tenaga - tenaga sukarela lainnya (misalnya dari LSM) dengan bimbingan teknis dari tenaga kesehatan yang ada di desa tersebut atau puskesmas setempat dan sektor terkait.akan tetapi untuk hal - hal teknis tertentu pelayanan PKD harus dilakukan oleh tenaga - tenaga kesehatan.

Sedangkan Puskesmas Pembantu (PUSTU) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. Dalam pelaksanaan operasional dan pelayanan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat.

helga oktora mengatakan...

Poliklinik kesehatan desa ( PKD ) yaitu :

suatu upaya kesehatan yang bersumberdaya masy. (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masy. yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkuan pelayanan kesehatan umtuk masy. PKD juga sebagai pelaksana dan koordinator pengembangan UKBM2 desa siaga. kegiatan2 PKD minimal berupa pelayanan kesehatan dasar, pengamatan epidemiologis pd PM yang dapat menjadi KLB serta faktor2 resiko dan kekurangan gizinya, dan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana serta kegawatdarutan.

puskesmas pembantu ( PUSTU ) yaitu :
Unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan pelayanan kesehatan lebih sederhana.

Melisah mengatakan...

PKD adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sebagai sarana yankes ditingkat desa.
Sedangkan puskesmas pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yg sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan kesehatan yg dilakukan puskesmas dalam ruang lingkuo wilayah yg lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yg disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yg tersedia.

yurike gitanurani mengatakan...

- Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sebagai sarana yankes di tingkat desa. Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi UKBM-UKBM yang ada di desa siaga.
- Puskesmas Pembantu (pustu) adalah unit yankes yang sederhana dan berfungsi menujang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan kesehatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

yurike gitanurani mengatakan...

- Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sebagai sarana yankes di tingkat desa. Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi UKBM-UKBM yang ada di desa siaga.
- Puskesmas Pembantu (pustu) adalah unit yankes yang sederhana dan berfungsi menujang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan kesehatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

fina fisabilillah mengatakan...

NAMA : fina fisabilillah
NPM : 13410038p
PKD adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yg bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sbg pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sbg sarana yankes di tingkat desa.Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi ukbm2 yang ada di desa siaga.
Sedangkan Pustu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

melisa aprilia mengatakan...

Poliklinik kesehatan desa (PKD) adalah wujud dari UKBM yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah Sedangkan puskesmas pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup yang lebih kecil

the Gembel Doctor mengatakan...

Didi Arwadi (13410033P)
Menjawab :
PKD adalah upaya kesehatan
berbasis masyarakat (UKBM) yang
dibentuk oleh dan untuk masyarakat
yang bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat desa.
Fungsi PKD sbg pusat pengembangan desa siaga dan sbg sarana dan sebagai koordinator unit2 terkecil penggerak yankes ditingkat desa.

Sedangkan Puskesmas Pembantu
adalah unit yankes yang sederhana
dan berfungsi menunjang dan
membantu memperluas jangkauan
puskesmas dengan melaksanakan
kegiatan kesehatan yang dilakukan
puskesmas dalam ruang lingkup kecil
serta jenis dan kompetensi
pelayanan yang disesuaikan dengan
kemampuan nakes dan sarana prasarana yang tersedia.

lourensius mengatakan...

* Poskesdes adalah UKBM yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan dasar bagi masy desa.Pelayanannya meliputi upaya promotif, preventif, dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (perawat/ bidan)dibantu kader.
sedangkan,
Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Kurnia Timor Utomo mengatakan...

PKD merupakan suatu unit kesehatan swadaya dari,oleh dan untuk masyarakat yang dbentuk oleh masyarakat. Sehingga PKD merupakan suatu upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) dgn tujuan meningkatkan keterjangkauan yankes pada masyarakat.
Sedangkan puskesmas pembantu (pustu) merupakan suatu unit pelayanan kesehatan sederhana yg berfungsi menunjang dan membantu kegiatan puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yg lebih kecil disesuaikan dgn kemampuan tenaga dan sarana yg tersedia.

Meidariani Ria mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adalah suatu wujud dari upaya kesehatan untuk meningkatkan keterjangkauan pelayanan kesehatan oleh masyarakat desa.
oleh karena itu desa - desa didahulukan untuk memiliki poliklinik kesehatan desa ini.

Puskesmas pembantu adalah Unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam rung lingkup wilayah yang lebih kecil. Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah.

selvi yurika mengatakan...

Pustu merupakan unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.Pustu sangat berperan penting dalam meningkatkan akses peningkatan pelayanan kesehatan yang merata, seperti pusat pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan kelarga dan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi; pelayanan kesehatan perorangan (private goods) dan pelayanan kesehatan masyarakat (public goods).

Poliklinik kesehatan desa adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyrakat atas dasar musyawarah dalam rangka meningkatnya PHBS masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah kesehatan lain, meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan, meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan, meningkatnya dukungan dan peran aktiv berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa.

Ria Yunita mengatakan...

Puskesmas Pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Poliklinik kesehatan desa yaitu suatu upaya kesehatan yang bersumberdaya masy. (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masy. yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkuan pelayanan kesehatan umtuk masy. PKD juga sebagai pelaksana dan koordinator pengembangan UKBM2 desa siaga. kegiatan2 PKD minimal berupa pelayanan kesehatan dasar, pengamatan epidemiologis pd PM yang dapat menjadi KLB serta faktor2 resiko dan kekurangan gizinya, dan kesiapsiagaan dan penanggulangan bencana serta kegawatdarutan.

rieseva fitria mengatakan...

Menurut saya perbedaan dari pos kesehatan desa dan puskesmas pembantu ialah:
a. Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) merupakan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa untuk menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat didesa, dengan kata lain poskesdes dapat diartikan sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya-upaya masyarakat dan dukungan pemerintah dimana pelayanannya meliputi upaya-upaya promotif, preventif, dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama
bidan) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela Iainnya.

b. Sedangkan Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan unit pelayanan kesehatan yang lebih sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. puskesmas pembantu ini juga berfungsi sbg pembantu puskesmas induk.

arien susanto mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah yg bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan pelayanan kesehatan oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga sekaligus sebagai sarana pelayanan kesehatan di tingkat desa. Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator/induk bagi ukbm-ukbm yang ada di desa siaga. PKD diselenggarakan minimal oleh 1 orang bidan dan 2 orang kader dengan Puskesmas sebagai pembina.

Sedangkan Pustu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

ilham fadhil akbar mengatakan...

ilham fadhil akbar
13410043 P


Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah. Di Kabupaten masalah keterbatasan penduduk miskin untuk menjangkau pelayanan kesehataan juga sangat terasa. Dengan berbagai hambatan, letak geografis dan sarana transportasi seharusnya pustu menjadi pilihan masyarakat untuk dimanfaatkan karena merupakan satu-satunya pelayanan kesehatan yang bisa di jangkau oleh masyarakat. Namun kenyataannya pemanfaatan pustu masih sangat rendah

Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/ menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa. Poskesdes dapat dikatakan sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya-upaya masyarakat dan dukungan pemerintah. Pelayanannya meliputi upaya-upaya promotif, preventif, dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama bidan) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela Iainnya. Pembentukan POSKESDES didahulukan pada Desa yang tidak memiliki Rumah Sakit, Puskesmas, Puskesmas Pembantu (PUSTU), dan bukan ibu Kota Kecamatan atau Ibu Kota Kabupaten. POSKESDES di harapkan sebagai pusat pengembangan dan kordinator berbagai UKBM yang dibutuhkan masyarakat Desa, misalnya POS Pelayanan Terpadu atau POSYANDU dan warung obat desa (WOD)

Dewi Sri mengatakan...

PKD (poliklinik kesehatan desa) adalah suatu wujud upaya kesehatan yang bersumber masyarakat(UKBM)yg dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah masyarakat setempat,yang dikelolah oleh masyarakat itu sendiri dan dibantu oleh petugas dlm rangka untuk memberikan pengarahan dan bimbingan dlm bidang kesehatan
sedangkan puskesmas pemabntu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana yg berfungsi menunjang dan membantu perluasan jangkauan puskesmas dlm melaksakan kegiatan puskesmas dlm ringkup wil.dan pekerjaan yg lebih kecil Tk

Tri Afrinia mengatakan...

Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
Poliklinik Kesehatan Desa (Polkesdes) adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) dalam rangka meningkatnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah-masalah kesehatan lain, meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan, meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan, meningkatnya dukungan dan peran aktif berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa (stakeholders).
Perbedaannya terletak pada tenaga yang terkait , Kalau di Pustu tenaga yang terkait adalah tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat. Namun Polkesdes dioperasikan oleh tenaga dari masyarakat desa, yaitu yang berupa kader-kader PKK dan posyandu, serta tenaga-tenaga sukarela lainnya (misalnya dari LSM).Untuk hal-hal teknis tertentu, pelayanan Polkesdes harus dilakukan oleh tenaga-tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan ini terdiri atas bidan plus (Bidan yang sudah ditambah ketrampilan dan kewenangannya) tenaga gizi dan sanitarian. Tidak tertutup kemungkinan, petugas-petugas dari sektor terkait juga membantu (misal PLKB).

liberty dwia mengatakan...

Perbedaannya
Poliklinik kesehatan desa adl upaya kesehatan yg bersumber masyarakat (ukbm) yg terbentuk dr mmd . Tujuannya meningkatkan phbs dan pemberdayaan masyarakat.
Puskesmas pembantu adl unit pelayanan kesehatan dasar yg memperluas jangkauan & melaksanakannprogram puskesmas dlm wilayah lbh kecil.

erni yusnita mengatakan...

PKD adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah dalam rangka meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah-masalah kesehatan lain, meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan, meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan, meningkatnya dukungan dan peran aktif berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa. Sedangkan
Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

e_nafira mengatakan...

Eko Listiono

PKD adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan pelayanan kesehatan oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sebagai sarana pelayanan kesehatan di tingkat desa. Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi UKBM yang ada di desa siaga.

Sedangkan Puskesmas Pembantu adalah unit Pelayanan Kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan kesehatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

sepriyani mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adalah suatu wujud dari UKBM yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah. Pelaksana minimal 2 orang kader dan 1 orang bidan dan merupakan alat komunikasi masyarakat dan puskesmas.
Puskesmas Pembantu (PUSTU) adalah berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan melaksanakan kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. Pelaksana bidan dan perawat.

randi fikar mengatakan...

Poskesdes adalah upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan atau menyediakan pelayanan kesehatan dasar masyarakat desa.

Pustu merupakan salah satu jaringan pelayanan/kegiatan Puskesmas, yang melaksanakan kegiatan sesuai dengan program pokok Puskesmas dalam lingkup yang lebih kecil (mewilayahi satu atau dua desa) meliputi 6 (enam) Program Wajib (Upaya Promosi Kesehatan, Upaya Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Ibu dan Anak termasuk Keluaga Berencana, Upaya Perbaikan Gizi Masyarakat, Upaya Penanggulangan Penyakit Menular, dan Upaya Pengobatan Dasar)

ade dwi wardani mengatakan...

Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/ menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa.
Poskesdes dapat dikatakan sebagai sarana kesehatan yang merupakan pertemuan antara upaya-upaya masyarakat dan dukungan pemerintah.
Pelayanannya meliputi upaya-upaya promotif, preventif, dan kuratif yang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan (terutama bidan) dengan melibatkan kader atau tenaga sukarela Iainnya.

puskesmas pembantu yaitu Unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam rung lingkup wilayah yang lebih kecil.

Annisa Mutiara mengatakan...

- Poliklinik kesehatan desa adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah dalam rangka :
a. Meningkatnya PHBS masyarakat desa
b. Meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah-masalah kesehatan lain.
c. Meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong dirinya sendiri dalam bidang ksesehatan
d. Meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan
e. Meningkatnya dukungan dan peran aktif berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa.

- Sedangkan Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia

Lita Bonita Gautama mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah yg bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan pelayanan kesehatan oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga sekaligus sebagai sarana pelayanan kesehatan di tingkat desa. Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator/induk bagi ukbm-ukbm yang ada di desa siaga. PKD diselenggarakan minimal oleh 1 orang bidan dan 2 orang kader dengan Puskesmas sebagai pembi

Pustu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

andreas dal andi mengatakan...

PKD adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah, dioperasikan oleh tenaga dari masyarakat desa yaitu yang berupa kader - kader PKK dan Posyandu serta tenaga - tenaga sukarela lainnya dengan bimbingan teknis dari tenaga kesehatan yang ada di desa tersebut atau puskesmas setempat dan sektor terkait.akan tetapi untuk hal - hal teknis tertentu pelayanan PKD harus dilakukan oleh tenaga - tenaga kesehatan.
Pustu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

joko apriyono mengatakan...

PKD adalah adalah upaya kesehatan
bersumber masyarakat (UKBM) yang
dibentuk oleh dan untuk masyarakat
atas dasar masyarakat yang bertujuan
untuk meningkatkan keterjangkauan
pelayanan kesehatan oleh masyarakat
desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat
pengembangan desa siaga dan sekaligus
sebagai sarana pelayanan kesehatan di
tingkat desa. Sebagai pusat
pengembangan desa siaga polkesdes
merupakan koordinator bagi UKBM yang
ada di desa siaga.
Sedangkan Puskesmas Pembantu adalah
unit Pelayanan Kesehatan yang
sederhana dan berfungsi menunjang dan
membantu memperluas jangkauan
puskesmas dengan melaksanakan
kegiatan kesehatan yang dilakukan
puskesmas dalam ruang lingkup kecil
serta jenis dan kompetensi pelayanan
yang disesuaikan dengan kemampuan
tenaga dan sarana yang tersedia.

Efrida yati mengatakan...

Puskesmas pembantu (PUSTU) adalah unit pelayanan kesehatan yang relatif sederhana yang merupakan bagian integral dari puskesmas yang melaksanakan sebagian tugas puskesmas (induk). Pembangunan puskesmas pembantu dimaksudkan untuk memperluas jangkauan pelayanan kesehatan ke masyarakat, utamanya di tingkat desa sehingga seluruh masyarakat di wilayah kerjanya dapat terlayani kebutuhan kesehatannya.

Poliklinik Kesehatan Desa adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa. PKD sebagai sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.
Dengan keberadaan poliklinik kesehatan desa yang menjadi pusat kegiatan pemberian pelayanan kesehatan paripurna yang lebih dekat, relatif lebih murah dengan mutu yang terjamin pada masing masing desa, jika diberdayakan secara baik mengandung peluang yang dapat digunakan untuk mengakselerasi laju pembangunan bidang kesehatan. Kedudukan Puskesmas di antara berbagai sarana pelayanan kesehatan berbasis dan bersumberdaya masyarakat adalah sebagai Pembina.

Anonim mengatakan...

Perbedaan dari pos kesehatan desa dan puskesmas pembantu menurt pendapat saya adalah:
PKD adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan Pelayanan Kesehatan oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sebagai sarana Pelayanan Kesehatan di tingkat desa.Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi UKBM yang ada di desa siaga
Sedangkan Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.Pustu sangat berperan penting dalam meningkatkan akses peningkatan pelayanan kesehatan yang merata, seperti pusat pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan kelarga dan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi; pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

Anonim mengatakan...

LAILI HIDAYATI (13410049P
Perbedaan dari pos kesehatan desa dan puskesmas pembantu menurt pendapat saya adalah:
PKD adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan Pelayanan Kesehatan oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sebagai sarana Pelayanan Kesehatan di tingkat desa.Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi UKBM yang ada di desa siaga
Sedangkan Puskesmas Pembantu (Pustu) merupakan unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.Pustu sangat berperan penting dalam meningkatkan akses peningkatan pelayanan kesehatan yang merata, seperti pusat pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan kelarga dan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi; pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat.

AGUNG SUPARWI mengatakan...

Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
Poliklinik Kesehatan Desa (Polkesdes) adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) dalam rangka meningkatnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah-masalah kesehatan lain, meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan, meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan, meningkatnya dukungan dan peran aktif berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa (stakeholders).
Perbedaannya terletak pada tenaga yang terkait , Kalau di Pustu tenaga yang terkait adalah tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat. Namun Polkesdes dioperasikan oleh tenaga dari masyarakat desa, yaitu yang berupa kader-kader PKK dan posyandu, serta tenaga-tenaga sukarela lainnya (misalnya dari LSM).Untuk hal-hal teknis tertentu, pelayanan Polkesdes harus dilakukan oleh tenaga-tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan ini terdiri atas bidan plus (Bidan yang sudah ditambah ketrampilan dan kewenangannya) tenaga gizi dan sanitarian. Tidak tertutup kemungkinan, petugas-petugas dari sektor terkait juga membantu (misal PLKB).

rivani gusvara mengatakan...

Poliklinik kesehatan desa sebagai sentra pembangunan Kesehatan didesa sekaligus unit pelayanan kesehatan Didesa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaan nya menjadi tanggung jawab puskesmas Masing-masing wilayah. PKD juga sebagai pelaksanaan dan koordinator pengembangan UKBM-UKBM desa siaga.
Sedangkan Puskesmas pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan dipuskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. Jumlah puskesmas pembantu menurut kondisi adakah informasi mengenai jumlah puskesmas pembantu yg dimiliki oleh puskesmas yang bersangkutan yang dirinci mnurut kondisi fisik bangunannya.

Anonim mengatakan...

cicik kristina dewi
13410030p

Poliklinik kesehatan desa adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyrakat atas dasar musyawarah dalam rangka meningkatnya PHBS masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah kesehatan lain, meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan, meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan, meningkatnya dukungan dan peran aktiv berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa.

Puskesmas pembantu adalah Unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam rung lingkup wilayah yang lebih kecil. Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah.

Atika Nikmah mengatakan...

PKD merupakan wujud dari upaya kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) yang dibentuk dari, oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah yang dibentuk didesa dalam rangka mendekatkan pelayanan kesehatan sebagai sarana kesehatan dasar.
Pustu merupakan unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.Pustu sangat berperan penting dalam meningkatkan akses peningkatan pelayanan kesehatan yang merata, seperti pusat pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan kelarga dan masyarakat, pusat pelayanan kesehatan strata pertama yang meliputi; pelayanan kesehatan perorangan (private goods) dan pelayanan kesehatan masyarakat (public goods).

Anonim mengatakan...

anna dian
13410026p

PKD adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah, dioperasikan oleh tenaga dari masyarakat desa yaitu yang berupa kader - kader PKK dan Posyandu serta tenaga - tenaga sukarela lainnya dengan bimbingan teknis dari tenaga kesehatan yang ada di desa tersebut atau puskesmas setempat dan sektor terkait.akan tetapi untuk hal - hal teknis tertentu pelayanan PKD harus dilakukan oleh tenaga - tenaga kesehatan.
Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

NM. Trankko Negara mengatakan...

PKD, Poliklinik kesehatan desa merupakan slah satu UKBM yang dibentuk untuk meningkatkan kemampuan masyarakat menolong diri sendiri,meningkatkan PHBS masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit berpotensi wabah dan masalah kesehatan lain termasuk bencana. PKD teriri dari seorang bidan dan sedikitnya dua orang kader. PKD juga sebagai tolak ukur desa dapat disebut Desa Siaga.
Pustu merupakan perpanjangan tangan dari puskesmas dengan peran utama promotif,prefentif, serta curatif dan rehabilitatif. mampu melakukan pembangunan kesehatan bersumberdaya masyarakat diwilayah kerja Pustu tersebut.

Anonim mengatakan...

Utami zubaidah
Pkd adalah suatu wujud dari upaya kesehatan yg bersumber masyarakat (ukbm) yg dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar meningkatkan phbs,meningkatkan kewaspadaan penyakit,meningkatkan pelayanan kesehatan.
Pustu adalah unit pelayanan kesehatan dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas dalam mrlaksanakn kegiatan2 dalam lingkup kecilserta jenis pelayanan yang sesuai saraan a dab presarana.

vina aranya mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) yaitu suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang di bentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah dengan tujuan meningkatkan keterjangkauan pelayanan kesehatan oleh masyarakat desa sebagai pengembang desa siaga dan sekaligus sebagai sarana pelayanan kesehatan dasar tingkat desa dan sebagai koordinator bagi UKBM-UKBM yang ada di Desa Siaga.
Sedangkan Puskesmas Pembantu (PUSTU)yaitu unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia

Rizki Iskandar mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adalah suatu upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk dari,oleh dan untuk masyarakat yg bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan masyarakat desa. Dan memiliki tugas sebagai pusat pengembangan desa siaga sekaligus sebagai sarana pelayanan kesehatan di tingkat desa.
sedangkan
Puskesmas Pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Anonim mengatakan...

Eko Windu Purnomo
NPM 13410070.P

Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. 
Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah.
sedangkan Poliklinik kesehatan desa ialah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa. PKD sebagai sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.
Dengan keberadaan poliklinik kesehatan desa yang menjadi pusat kegiatan pemberian pelayanan kesehatan paripurna yang lebih dekat, relatif lebih murah dengan mutu yang terjamin pada masing masing desa, jika diberdayakan secara baik mengandung peluang yang dapat digunakan untuk mengakselerasi laju pembangunan bidang kesehatan. Kedudukan Puskesmas di antara berbagai sarana pelayanan kesehatan berbasis dan bersumberdaya masyarakat adalah sebagai Pembina.
Sedangkan

amin basri mengatakan...

Amin Basri
13410024P
Menjawab :
Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adl
suatu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM), yang
bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kpd masyarakat. PKD juga sebagai pelaksana dan koordinator
pengembangan desa siaga.
kegiatan2 PKD berupa
pelayanan kesehatan dasar,
pengamatan epidemiologi yang dapat menjadi KLB serta faktor2 resiko dan kesiapsiagaan dlm penanggulangan bencana serta kegawatdarutan.

Puskesmas Pembantu (Pustu) adl unit
pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kgiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup
wilayah yang lebih kecil dan pelayanan esehatan lebih sederhana.

amin basri mengatakan...

Amin Basri
13410024P
Menjawab :
Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adl
suatu upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM), yang
bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kpd masyarakat. PKD juga sebagai pelaksana dan koordinator
pengembangan desa siaga.
kegiatan2 PKD berupa
pelayanan kesehatan dasar,
pengamatan epidemiologi yang dapat menjadi KLB serta faktor2 resiko dan kesiapsiagaan dlm penanggulangan bencana serta kegawatdarutan.

Puskesmas Pembantu (Pustu) adl unit
pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu melaksanakan kgiatan-kegiatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup
wilayah yang lebih kecil dan pelayanan esehatan lebih sederhana.

agus setiadi mengatakan...

Puskesmas Pembantu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia sedangkan poskeskel/des adalah unit kesehatan yang melingkupi suatu desa atau daerah sekitar yang berfungsi untuk menunjang segala kegiatan kesehatan yangmerupakan daerah yang tidak tersedia pustu serta wilayahnya jauh dari jangkauan puskesmas untuk melayanai masyarakat yang sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.

ovanvaliandra mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (Polkesdes) adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah untuk meningkatkan keterjangkaun pelayanan kesehatan oleh masyarakat desa.

sedangkan puskesmas pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia

idrus irham mengatakan...

Puskesmas Pembantu/Pustu adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah.

Poliklinik Kesehatan Desa adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa.
Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) sebagai sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.
Dengan keberadaan poliklinik kesehatan desa yang menjadi pusat kegiatan pemberian pelayanan kesehatan paripurna yang lebih dekat, relatif lebih murah dengan mutu yang terjamin pada masing masing desa, jika diberdayakan secara baik.

Imam Budi Setiawan mengatakan...

Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan
kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan
membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan
melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan
Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil
serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan
dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan
kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan
bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam
jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan
kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas,
dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat
kecanggihan yang lebih rendah.
Poliklinik Kesehatan Desa adalah Upaya Kesehatan
Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)yang dibentuk di desa
dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan
kesehatan dasar bagi masyarakat desa.
Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) sebagai sentra
pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan
kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan
kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat
dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas
masing-masing wilayah.
Dengan keberadaan poliklinik kesehatan desa yang menjadi
pusat kegiatan pemberian pelayanan kesehatan paripurna
yang lebih dekat, relatif lebih murah dengan mutu yang
terjamin pada masing masing desa, jika diberdayakan
secara baik mengandung peluang yang dapat digunakan
untuk mengakselerasi laju pembangunan bidang kesehatan

Apri anita mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar musyawarah. Pada dasarnya PKD dioperasikan oleh tenaga dari masyarakat desa yaitu yang berupa kader - kader PKK dan Posyandu serta tenaga - tenaga sukarela lainnya (misalnya dari LSM) dengan bimbingan teknis dari tenaga kesehatan yang ada di desa tersebut atau puskesmas setempat dan sektor terkait.akan tetapi untuk hal - hal teknis tertentu pelayanan PKD harus dilakukan oleh tenaga - tenaga kesehatan.

Sedangkan Puskesmas Pembantu (PUSTU) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia. Dalam pelaksanaan operasional dan pelayanan kesehatan dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti bidan dan perawat.

FERRY DERMAWAN YMA mengatakan...

Poliklinik Kesehatan Desa adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa. Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) sebagai sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.
Dengan keberadaan poliklinik kesehatan desa yang menjadi pusat kegiatan pemberian pelayanan kesehatan paripurna yang lebih dekat, relatif lebih murah dengan mutu yang terjamin pada masing masing desa, jika diberdayakan secara baik mengandung peluang yang dapat digunakan untuk mengakselerasi laju pembangunan bidang kesehatan.

Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
Untuk melancarkan pelaksanaan fungsi pelayanan kesehatan masyarakat, puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam jaringan pelayanan Puskesmas di setiap wilayah Desa dan kelurahan pustu merupakanbagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah.

Anonim mengatakan...

PKD adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yg bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sbg pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sbg sarana yankes di tingkat desa.Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi ukbm2 yang ada di desa siaga.
Sedangkan Puskesmas Pembantu adalah unit yankes yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas denfan melaksanakan kegiatan kesehatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

amak masud mengatakan...

PKD adalah adalah upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyarakat atas dasar masyarakat yg bertujuan untuk meningkatkan keterjangkauan yankes oleh masyarakat desa. Dan memiliki tugas sbg pusat pengembangan desa siaga dan sekaligus sbg sarana yankes di tingkat desa.Sebagai pusat pengembangan desa siaga polkesdes merupakan koordinator bagi ukbm2 yang ada di desa siaga.
Sedangkan Puskesmas Pembantu adalah unit yankes yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan puskesmas denfan melaksanakan kegiatan kesehatan yang dilakukan puskesmas dalam ruang lingkup kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Anonim mengatakan...

FISTA RAHMA WIDIYANTI
NPM :13410039P
Poliklinik kesehatan desa adalah suatu wujud dari upaya kesehatan bersumber masyarakat (UKBM) yang dibentuk oleh dan untuk masyrakat atas dasar musyawarah dalam rangka meningkatnya PHBS masyarakat desa, meningkatnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap penyakit dan masalah kesehatan lain, meningkatnya kemampuan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri dalam bidang kesehatan, meningkatnya pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh masyarakat desa dan tenaga kesehatan, meningkatnya dukungan dan peran aktiv berbagai pihak yang bertanggung jawab terhadap kesehatan masyarakat desa.
Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

subangun kertanegara mengatakan...

1. POLIKLINIK KESEHATAN DESA(POSKESDES) Adalah Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)yang dibentuk di desa dalam rangka mendekatkan/menyediakan pelayanan kesehatan dasar bagi masyarakat desa.
Poliklinik Kesehatan Desa (PKD) sebagai sentra pembangunan kesehatan di desa sekaligus unit pelayanan kesehatan di desa yang merupakan unit pelayanan kesehatan swadaya dari, oleh dan untuk masyarakat dimana pembinaannya menjadi tanggungjawab puskesmas masing-masing wilayah.
Dengan keberadaan poliklinik kesehatan desa yang menjadi pusat kegiatan pemberian pelayanan kesehatan paripurna yang lebih dekat, relatif lebih murah dengan mutu yang terjamin pada masing masing desa, jika diberdayakan secara baik mengandung peluang yang dapat digunakan untuk mengakselerasi laju pembangunan bidang kesehatan.

2. PUSKESMAS PEMBANTU adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil dan derajat kecanggihan yang lebih rendah.