Selasa, 07 Mei 2013

ELEARNING : Menyusun Tinjauan Pustaka (Literatur Review)


Untuk memahami tinjauan Pustaka (Literatur Review), silahkan anda baca slide dibawah ini seksama.
 





Disini peneliti sering terbalik, dimana memasukkan referensi hanya terfokus pada yang dimiliki saja, padahal seharusnya setelah kita mengetahui tema yang akan kita angkat baru mencari referensi yang argumentasi yang diajukan.

 PENJELASAN :
Nama pendiri/peneliti adalah nama penulis tersebut, tahun dan negara biasanya terdapat dalam keterangan penulis.
Fokus pertanyaan penelitian dan alasan mengapa penelitian itu perlu, biasanya ada di Pendahuluan.
Unsur keterbatuan dan gap akan diisi, biasanya ada di kerangka teori atau frame work dari suatu penelitian
Kolom metoda, variabel dan kesimpulan sangat mudah dijumpai
Selanjutnya adalah penting mencari keterkaitan penelitian tersebut dengan topik/tema yang kita pilih













Dari beberapa keterangan diatas, maka kita bisa memahami bagaimana menkaji suatu bahan pustaka untuk kita jadikan referensi dalam penulisan kita.
Untuk mengetahui tingkat pemahaman anda maka jawablah beberapa pertanyaan dibawah ini di kolom komentar :
PERTANYAAN :
  1. Mengapa dalam mencari referensi kita harus selalu mengkaitkan dengan penelitian/penulisan kita ?
  2. Metode untuk mengetahui kecocokan isi referensi/literatur dengan penulisan kita paling sering menggunakan metode SQR3, coba jelaskan bagaimana metoda SQR3 tersebut ?
  3. Bagaimana caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari ?
  4. Untuk mengetahui kecocokan isi referensi/literatur dengan metode SQR3, maka S adalah survey, coba saudara jelaskan, apa yang dimaksud dengan survey disini.

TULIS JAWABAN SAUDARA DI KOLOM KOMENTAR !!!

49 komentar:

riska novianty mengatakan...

1. karena apa yang kita tulis harus sesuai dengan literatur yg ada agar penelitian yg kita buat dapat dipertanggung jawabkan

2. SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.

3. caranya kita lihat dan baca judul penelitian kita dan kita cocokan dengan buku/literatur yang kita ambil kita sesuaikan dengan tema dan topik yang kita ambil

4. survey adalah mengamati dengan luas dengan cara menganalisis data data melalui hipotesa sesuai dengan indikator yang sesuai dengan kriteria dalam suatu bidang.

terima kasih pak

Anonim mengatakan...

EKA NURUL ISWANTI
NPM 12320231

1.Karena jika referensi yg kita dapat tidak sesuai dengan penelitian kita, maka referensi tersebut tidak akan bisa memjawab permasalahan dalam penelitian kita. Dan setiap referensi harus selalu terkait dengan penelitian, karena itu adalah hakikat dari referensi sebenarnya.

2.Survey atau meninjau : Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca
Question atau bertanya : memberi pertanyaan sesuai judul kita, kuisioner
Read atau membaca : Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey.
Recite atau menuturkan : proses Recite ini bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca
Review atau mengulang : Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab

3.Dengan cara membaca daftar isi dan sebagian isi dari buku referensi/literatur tersebut.

4.Survey : Yakni proses persiapan membaca dengan cara melihat secara sekilas isi buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari penulis, maupun daftar isi.
Proses selanjutnya dari tahapan Survey adalah dengan membuka secara cepat halaman demi halaman dan memperhatikan bagian judul bab, sub judul bab, kata-kata khusus yang bercetak tebal atau miring, tabel, gambar sambil mencoba mendapatkan ide besar dari buku tersebut.
Survey yang sukses akan menghasilkan gambaran umum tentang isi buku sekaligus menciptakan minat yang kuat untuk memahaminya. Ini merupakan modal penting untuk membantu proses membaca cepat isi buku secara keseluruhan disamping memastikan tingkat pemahaman yang tinggi akan isi buku.

octa riyani mengatakan...

1.karena dari referensi tersebut kita tau bahan dan akan kemana tujuan dari pada judul tersebut
2.survei atau meninjau
question atau bertanya
read atau membaca
recite atau menuturkan
review atau mengulang
3.dari latar belakang masalahnya,tujuannya dan judulna bukunya sesuai atau tidak dengan judul pa yang kita ambil
4.survey adalah pemeriksaan atau penelitiansecara komprehensif.survei yg dilakukan dalam melakukan penelitian biasnya dilakukan dengan menyebarkan kuesioner atau wawancara.

karosasanti rahayu mengatakan...

1. memurut saya setiap referensi harus selalu terkait dengan penelitian, karena itu adalah hakikat dari referensi sebenarnya harus ada saling keterkaitan.
2. SQR : Survey atau meninjau ,
Question atau bertanya ,
Read atau membaca ,
Recite atau menuturkan ,
Review atau mengulang .
3.Dengan cara membaca daftar isi dan sebagian isi dari buku referensi/literatur tersebut.
4.survey adalah penyelidikanyang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsif-prinsif untuk menetapkan sesuatu.

Umi Muslimah mengatakan...

1.karena bila referensi yang kita cari tidak sesuai dengan penelitian atau penulisan,maka penelitian atau penulisan itu tidak akan dapat menginformasikan pengetahuan dan ide-ide kepada pembaca.
2.Membaca dengan metoda SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu :
Survey atau meninjau
Question atau bertanya
Read atau membaca
Recite atau menuturkan
Review atau mengulang

Lima Tahap Metoda SQ3R

1. SURVEY

Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

2. QUESTION

Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan.

Tulislah pertanyaan-pertanyaan itu pada suatu kolom dengan lebar 1/3 halaman kertas dan kolom sisanya untuk jawaban yang diperoleh selama membaca. Misalkan kita membaca buku tentang “Belajar di SMA” dan kepala judulnya adalah “Manfaatkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu”. Pertanyaan yang dapat kita mundulkan adalah “Mengapa kita harus memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler?” dan “Bagaimana caranya kita bisa ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler?”.

3. READ

Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum kita menyelesaikannya. Pada saat membaca, kita mulai mencari jawaban pertanyaan yang kita buat pada Question. Tuliskan jawaban yang kita peroleh dengan dengan kata-kata sendiri di kertas yang pada 2/3 kolom yang disiapkan.

Ingat, Jangan Membaca di Tempat Tidur !!

4. RECITE

Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. Dengan melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab.

Cara melakukan Recite adalah dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.

5. Review

Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan atau berdiskusi dengan teman. Cara Review yang terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.

3.kita mengetahui isi jurnal atau buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema atau topik yang kita cari dengan cara membaca abstrak dari isi jurnal atau buku teks tersebut.
4.survey yaitu melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

Budi satria nasution mengatakan...

BUDI SATRIA
NPM : 12320162.

1.untuk mendapatkan landasan teori mengenai masalah yang akan kita teliti.sehingga penelitian kita benar dan sesuai dengan kerangka berfikir ilmiah
2. metode SQR3
survei atau meninjau
question atau bertanya
read atau baca
recite atau mengutarakan kembali
reviuw atau mengulang kembali
3.dari judul dan latar belakang masalahnya
4. yg d maksud dengan survei di SQR3 adalah meninjau permasalahan yang di temukan dalam penelitian

sherly mirandia mengatakan...

1. referensi tersebut atau bahan dan akan kemana tujuan dari pada judul tersebut
2.survei atau meninjau
question atau bertanya
read atau membaca
recite atau menuturkan
review atau mengulang
3.dari latar belakang masalahnya,tujuannya dan judulna bukunya sesuai atau tidak dengan judul pa yang kita ambil
4.survey adalah pemeriksaan atau penelitiansecara

ikhwanudin ozan mengatakan...

1. harus sesuai dengan literatur yg ada agar penelitian yg kita buat dapat dipertanggung jawabkan

2. SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.

3. judul penelitian kita dan kita cocokan dengan buku/literatur yang kita ambil kita sesuaikan dengan tema dan topik yang kita ambil

4. survey Yakni proses persiapan membaca dengan cara melihat secara sekilas isi buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari penulis, maupun daftar isi.

asep kristanto mengatakan...

1. karena apa yang kita tulis harus sesuai dengan literatur dan jelas apa yang kita bahas serta penelitian yang kita buat dapat dipertanggungjawabkan bila terdapat masalah.

2. SQR3 yaitu survey: mengamati (secara luas)
Question :pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti, quisioner,kesimpulan,saran dll
read: membaca literatur2 penelitian
recall : meninjau kembali penulisan penelitian
review: kilas balik tentang penelitian

3. caranya kita lihat dan baca judul penelitian dan kita cocokan dengan buku/literatur yang kita ambil dan sesuaikan dengan tema dan topik yang kita bahas.

4. survey adalah mengamati dengan luas dengan cara menganalisis data fakta melalui data - data tersebut sesuai atau tidak dengan indikator dan kriteria dalam suatu bidang.

terima kasih...

Hengky Syaputra mengatakan...

1. Karena untuk menunjang atau mendukung suatu penelitian terkait sebagai landasan atau acuan dari penelitian.

2.survey: mengamati dengan luas, Question :memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner,
read: membaca literatur literatur penelitian kita,
recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.

3. dengan cara membuka daftar isi dan sebagian isi dari buku literatur tersebut.

4.survey yaitu melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring,definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

eka martini mengatakan...

1. dalam mencari referensi harus sesuai dengan penelitian kita karena dari referensi tersebut kita akan mendapatkan bahan untuk ditulis dan dipertanggug jawab kan
2. Metode Studi SQ3R (Survei, Question, Read, Recite, dan Review) direkomendasikan sebagai sarana untuk membaca lebih cepat dan meningkatkan retensi jika poin penting dalam tugas membaca.
SURVEY: meninjau judul untuk mendapatkan ide dari ide-ide yang dibahas.
QUESTION: Membuat pertanyaan dari kalimat topik.
READ: Baca keseluruhan bagian secara aktif mencari informasi yang akan menjawab pertanyaan itu.
RECALL: Bila Anda telah menyelesaikan membaca seleksi, mencoba menjawab pertanyaan dengan kata-kata Anda sendiri tanpa mengacu pada materi
REVIEW: Tinjau seluruh seleksi dengan membaca catatan-catatan Anda untuk memahami hubungan antara poin utama.
3. untuk mengetahui isi jurnal/ buku teks tersebut sesuai dengan penelitin kita adalah dengan melihat judul nya terlebih dahulu,apakah sesuai dengn judul kita, kemudian rumusan masalah dan tujuan nya apakah sesuai dengan penelitian kita.
4. SURVEY: meninjau judul untuk mendapatkan ide dari ide-ide yang akan dibahas.

Desri Yani mengatakan...

Untuk jawaban No. 1,3,dan 4 saya masih bingung.


2. SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.

Deni oktavia mengatakan...

1. harus sesuai dengan literatur yg ada agar penelitian yg kita buat dapat menunjang dan mendukung serta dipertanggung jawabkan
2. Membaca dengan metoda SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu :Survey atau meninjau, Question atau bertanya, Read atau membaca, Recite atau menuturkan, Review atau mengulang
SURVEY: Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?
Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.
QUESTION: Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan. Tulislah pertanyaan-pertanyaan itu pada suatu kolom dengan lebar 1/3 halaman kertas dan kolom sisanya untuk jawaban yang diperoleh selama membaca. Misalkan kita membaca buku tentang “Belajar di SMA” dan kepala judulnya adalah “Manfaatkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu”. Pertanyaan yang dapat kita mundulkan adalah “Mengapa kita harus memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler?” dan “Bagaimana caranya kita bisa ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler?”.
READ: Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum kita menyelesaikannya. Pada saat membaca, kita mulai mencari jawaban pertanyaan yang kita buat pada Question. Tuliskan jawaban yang kita peroleh dengan dengan kata-kata sendiri di kertas yang pada 2/3 kolom yang disiapkan.
RECITE: Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. Dengan melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab.
Cara melakukan Recite adalah dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.

Review: Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan atau berdiskusi dengan teman. Cara Review yang terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.
3. Dengan cara membaca daftar isi dan sebagian isi dari buku referensi/literatur tersebut.
4.survey yaitu Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit.

Lisda Purnama mengatakan...

1.Karena referensi merupakan suatu dasar untuk melanjutkan penelitian ke selajutnya.

2. Metode SQR3 adalah Merupakan metode yang di rancang untuk memudahkan penelitian, dalam sistimatis, mensurvei atau meneliti pertanyaan dalam bentuk quisioner.

3.Yaitu dengan cara membaca dan memahami, serta mempelajari isi jurnal tersebut apa memang layak atau tidak untuk dijadikan topik pembahasan.

4. Surevei adalah pemeriksaan atau penelitian secara konprehensif. Dan survei yang dilakukan dalam melakukan penelitian biasanya dilakukan dengan meyebarkan kuisioneratau wawancara dengan tujuan untuk menegtahui siapa mereka, apa yg di pikirkan, atau kecenderungan. Suatu tindakan survei lazimnya dilakukan dalam penelitian kiuantitatif atau kualitatif.

Dahono Mas mengatakan...

1. Mengapa dalam mencari referensi kita harus selalu mengkaitkan dengan penelitian/penulisan kita ?
alasannya adalah referensi harus di jadikan konsep / dasar dari bahan-bahan penelitian kita ,penelitian yang tidak sesuai dengan konsep/teori yang sudah ada,sudah tentu tidak terjadi kesinambunganakan permasalhan yang di tulis.

2. Metode untuk mengetahui kecocokan isi referensi/literatur dengan penulisan kita paling sering menggunakan metode SQR3, coba jelaskan bagaimana metoda SQR3 tersebut ?
SQR3 yaitu
survey: maksudnya melakukan pengamatan secara cepat tetapi ringkas dari isi referensi tersebut,bila isi referensi tidak cocok dengan penulisan kita,segera cari sumber lain.
Question : Pertanyaan tentang siapa penulis referensi tersebut,apa judulnya dan seberapa banyak orang lain menggunakan referensi tersebut.
read: baca dengan membaca metode cepat,ulangi bila ada kata-kata penting.
recall : meninjau kembali apa isi dari penelitan kita
review: kilas balik ferensi dan keterkaitannya dengan penulisan kita.


3. Bagaimana caranya kita mengetahui isi jurnal/buku teks itu sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari ?
caranya;
a.baca judulnya..sessuai dengan kehendak kita tidak.
b.baca daftar isiny
c.baca ringkasan isi jurnal tersebut,
d.lihat tahun penerbitan,semakin sering di cetak berarti buku tersebut banyak yang menngunakan nya sebagai referensi

4. Untuk mengetahui kecocokan isi referensi/literatur dengan metode SQR3, maka S adalah survey, coba saudara jelaskan, apa yang dimaksud dengan survey disini.
survey maksudnya adalah melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca,atau sejenis membandingkan isi buku yang satu dengan yang lain...

lucia aranita meliza mengatakan...

1.Referensi harus sesuai dengan penelitian kita karena dari referensi tersebut menjadi sumber acuan kita untuk membuat karya tulis serta jd dasar pertanggungjawaban kita dalam pembuatan karya tulis.

2.Metoda SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu :

a.SURVEY: Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?
Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

b.QUESTION: Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan. Tulislah pertanyaan-pertanyaan itu pada suatu kolom dengan lebar 1/3 halaman kertas dan kolom sisanya untuk jawaban yang diperoleh selama membaca. Misalkan kita membaca buku tentang “Belajar di SMA” dan kepala judulnya adalah “Manfaatkan berbagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu”. Pertanyaan yang dapat kita mundulkan adalah “Mengapa kita harus memanfaatkan kegiatan ekstrakurikuler?” dan “Bagaimana caranya kita bisa ikut terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler?”.

c.READ: Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey. Bacalah suatu subbab dengan tuntas jangan pindah ke subbab lain sebelum kita menyelesaikannya. Pada saat membaca, kita mulai mencari jawaban pertanyaan yang kita buat pada Question. Tuliskan jawaban yang kita peroleh dengan dengan kata-kata sendiri di kertas yang pada 2/3 kolom yang disiapkan.

d.RECITE: Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. Dengan melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab.
Cara melakukan Recite adalah dengan melihat pertanyaan-pertanyaan yang kita buat sebelum membaca subbab tersebut dan cobalah jawab pada selembar kertas tanpa melihat buku.

e.Review: Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut. Proses ini dapat dilakukan dengan membaca ulang seluruh subbab, melengkapi catatan atau berdiskusi dengan teman. Cara Review yang terbukti efektif adalah dengan menjelaskan kepada orang lain.

3.daftar isi dan sebagian isi dari buku literatur tersebut menjelaskan secara singkat isi hasil penelitian

4.survey yaitu Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit.

sry anggraeny mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Yuliana Shaura mengatakan...

1.sesuai dengan literatur yg ada agar penelitian yg kita buat dapat menunjang dan mendukung serta dipertanggung jawabkan

2.SQR3
Question :pertanyaan tentang apa yang kita teliti
read: membaca literatur2 penelitian
recall : meninjau kembali penulisan penelitian
review: kilas balik tentang penelitian

3.Dengan cara membaca daftar isi dan sebagian isi dari buku referensi/literatur tersebut.

4.survey yaitu Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit.

Tugiono mengatakan...

No.1 karena referensi adalah acuan dasar melakukan penelitian supaya hasil penelitian dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya

No. 2
Survey : suatu kegiatan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan kepastian informasi
Question : memberikan pertanyaan tentang penelitian dengan menggunakan alat bantu misalnya lembar questioner
Read : Membaca literatur dan referensi sesuai dengan penelitian
Recite : menuturkan
Review : Meninjau kembali penelitian kita

N0.3
Dilihat dari judul jurnal atau buku lalu daftar isi, dan penulis yang bersangkutan


No. 4 survei adalah suatu kegiatan penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan kepastian informasi

Anonim mengatakan...

Handayani
1. Krn referensi merupakan kajian secara teori yang harus kita ketahui ttg topik penelitian yg akan kita lakukan sehingga dpt kita kaitkan jika terdapat kesenjangan yg dpt menimbulkan masalah antara referensi dan topik yang akan kita teliti sehingga perlu dicarikan solusinya.
2. Survey : dilakukan untuk mendapatkan data yang akan kita angkat sebagai masalah dalam penelitian.
Question : setelah survey kita lakukan maka akan dapat kita simpulkan apakah survey yg kita lakukan dapat kita jadikan sebuah penelitian atau tidak.
Read : kita dapat menganalisa data2 yg kita dapat dan kita cari referensi sebelum kita teliti.
Recite (Recall) : Mengulang kembali analisa data2 yg kita dapat.
Review : Melihat ulang apa yg akan kita jadikan pokok dari penelitian apakah sudah sesuai atau belum.
3. Dilihat dari kerangka teori yang ada.
4.Survey yang dimaksud adalah dg cara melihat kejadian atau fenomena yang sedang terjadi, kemudian kita mencari data sebelum kita jadikan topik dalam penelitian.

Desi Meldawati mengatakan...

1. Supaya ada hubungan antara referensi dengan penelitian yang kita ambil, sesuai dengan teori yang ada jadi saling berkaitan sehingga dapat diambil benang merahnya.
2.SQR3 :
- survey : mengamati
- Question : memberi pertanyaan,
- Read : membaca dg teliti referensi
- recite : menuturkan isi dr literetur
- review : mengulang kembali apa yg kita baca
_ recal : meninjau kembali refensi apa yg lebih sesuai dg tema yg kita ambil.

3. Dengan cara membaca ringkasan buku teks/ jurnal tulisan, kalau tulisan valid dan bermanfaat maka dapat dilanjutkan sbg bahan referensi.
4. Survey di sini adalah mengamati tema/ topik yang kita ambil untuk selanjutnya menentukan buku/jurnal apa yang sesuai dengan penelitian kita

merlin harisa mengatakan...

1. referensi harus sesuai dengan penelitian kita karena dari referensi tersebut kita akan mendapatkan bahan untuk ditulis.

2.SQR3 yaitu
survey: maksudnya melakukan pengamatan secara cepat tetapi ringkas dari isi referensi tersebut,bila isi referensi tidak cocok dengan penulisan kita,segera cari sumber lain.

Question : Pertanyaan tentang siapa penulis referensi tersebut,apa judulnya dan seberapa banyak orang lain menggunakan referensi tersebut.

read: baca dengan membaca metode cepat,ulangi bila ada kata-kata penting.

recall : meninjau kembali apa isi dari penelitan kita

review: kilas balik ferensi dan keterkaitannya dengan penulisan kita.

3.baca judulnya,baca daftar,baca ringkasan isi jurnal ,tahun penerbitan

4.survey adalah melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca,atau sejenis membandingkan isi buku yang satu dengan yang lain

sry anggraeny mengatakan...

1>karena apababila referensi yang kita temui tidak sesuai dengan penelitian kita,dan bila referensi tidak dapat mencari permasalahan di dalam penelitian kita ,referensi juga harus terkait dengan penelitian yang kita buat harus sesuai dengan literatul yg ada

2. SQR3 ADALAH SURVEY/MENINJAU :dengan melakukan pengamatan dan peninjaun,question(baertanya) : memberi pertanyaan yang sesuai dengan topik ,quisioner(membaca): membaca literatul penelitian dan mengisi informasi kedalam bentuk susunan kerangka pemikiran bab yg kita buat,recite:(menuturkan): recite ini juga bisa untuk kita berkonsentrasi dalam melatih pikiran kita buku yg sudah kita baca,review(mengulang)membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut
3. dari baca judul penelitian,daftar isi ,latar belakang dan perlu kita sesuaikan dengan tema dan topik yang kita ambil
4.survey adalah penelitian dengan cara mengamati dan menganalisis data melalui hipotesa sesuai dengan indikator dan biasanya juga bsurvey dapat dilakukan dengan menyebarkan kuesioner /wawancara

umi rosyidah mengatakan...

1.sesuai dengan literatur yg ada agar penelitian yg kita buat dapat menunjang dan mendukung serta dipertanggung jawabkan
2. SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.
3. caranya kita lihat dan baca judul penelitian kita dan kita cocokan dengan buku/literatur yang kita ambil kita sesuaikan dengan tema dan topik yang kita ambil
4. Survey : Yakni proses persiapan membaca dengan cara melihat secara sekilas isi buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari penulis, maupun daftar isi.

maria ulfa mengatakan...

1. Karena apa yang kita tulis harus sesuai dengan literatur yg ada agar penelitian yg kita buat dapat dipertanggung jawabkan

2. SQR3 yaitu Survei, Question, Read, Recall, Review direkomendasikan sbg sarana utk membaca lebih cepat dan meningkatkan retensi jika poin penting dlm tugas membaca
Survey: meninjau judul utk mendapatkan ide-ide yg dibahas
Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner
Read: membaca literatur2 penelitian kita
Recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita
Review: kilas balik tentang penelitian kita.
3. Untuk mengetahui isi jurnal/buku teks tsb sesuai dgn penelitian adalah dgn melihat judulnya terlebih dahulu apakan sesuai dgn judul, lalu sesuaikan dgn rumusan masalah &tujuan
4. Survey adalah melakukan peninjauan dgn mengumpulkan informasi yg diperlukan utk memfokuskan perhatian saat membaca

hazria wati mengatakan...

1. Karena jika referensi yg kita cari tidak sesuai dengan penelitian kita, maka dalam pelaksanaanya TIDAK mengarahkan pada konsep tertentu seperti tujuan penelitian,problem atau isu yg menjadi fokus atas argument yg sesuai dgn penelitian kita di awal.

2.SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.
3. sesuai dengan tema elearing minggu lalu untuk dpt mengetahui nya maka Apabila kita sudah menemukan judul yang sesuai, maka kita lihat review penulisnya (Riwayat singkat), sehingga kita tahu penulisnya berbobot apa tidak. Riwayat penulis biasanya ada di halaman sampul belakang, atau halaman terakhir.
Kita bisa juga melihat bobot penulis dari hasil karya/tulisan orang lain, jika penulis tersebut banyak digunakan sebagai referensi dalam karya tulis orang lain maka kita bisa simpulkan kalau penulis tersebut cukup baik, kalau tidak berbobot penulisnya maka cari yang lain.
4. Survey (mengamati secara luas) yaitu dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau? Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

tresia krisnawati mengatakan...

1. Harus sesuai dengan literatur yang ada agar penelitian yang kita buat dapat menunjang dan mendukung serta dipertanggung jawabkan.

2. Membaca dengan metoda SQR3 terdiri atas lima tahapan proses yaitu :
- Survey atau meninjau
- Question atau bertanya
- Read atau membaca
- Recite atau menuturkan
- Review atau mengulang.

3. Dapat dilihat dari judul penelitian kita dan kita cocokan dengan buku/literatur yang kita ambil kita sesuaikan dengan tema dan topik yang kita ambil.

4. Survey adalah melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit.

sri wulandari mengatakan...

1.karena referensi merupakan alat yang membantu kita dalam penelitian/penulisan sehingga kuat dan dapat dipertanggung jawabkan.

2.-Survei adalah preview cepat atau gambaran dari buku teks keseluruhan atau satu bab,baca judul,pengenalan/ringkasan,selalu memperhatikan judul dan sub judul,memperhatikan tabel,grafik peta dan diagram,kata kunci dan mencari masalah atau pertanyaan untuk diskusipada ahir bab atau bagian.
- Q Pertanyaan yaitu dengan mempertanyakan membantu pikiran kt terlibat dan berkonsentrasi pada apa yang kita baca,hidupkan judul subpos menjadi beberapa pertanyaan yang dipikirkan akan dijawab dlm bagian yang dibaca,beralih ke pertnyaan judul,semakin baik pertanyaan maka semakin baik pemahaman.

-R: Baca perlahan-lahan dan hati-hati berkonsentrasi pada satu bagian pada suatu waktu,baca setiap bagian yang dipertanyakan dalam pikiran kt,jangan melewatkan kata-kata asing atau istilah tehnis,cobalah untuk tentukan titik utama bagian,selalu baca bagian lagi,tulis ide-ide penulis dengan kata-kata sendiri,buat catatan,garis bawahi dan bangun panduan belajar.

R Review Tinjau sebuah bab segera setelah selesai membacanya,tinjau dg menggelapkan kembali selama bab mencari setiap atas catatan yang dibuat,baca kembali setiap bagian yang digaris bawahi atau disorot,kembali atas semua pertanyaandari semua judul dan lihat apakah bisa menjawabnya.

3.Dengan melihat judul,daftar isi,membaca isinya dan membaca asal referensinya.

4 Survei preview cepat atau gambaran dari buku teks keseluruhan atau suatu bab sehingga pembaca yang aktif jadi efektif,pembaca pasif belajar sedikit,pembaca agresif mengatur infornasi dan jawaban pertanyaan.

sururi hasan mengatakan...

1.karena apababila referensi yang kita temui tidak sesuai dengan penelitian kita,dan bila referensi tidak dapat mencari permasalahan di dalam penelitian kita ,referensi juga harus terkait dengan penelitian yang kita buat harus sesuai dengan literatul yg ada
2.survey: mengamati dengan luas, Question :memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner.read: membaca literatur literatur penelitian kita.recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.
3.Untuk mengetahui apakah isi jurnal/teks tersebut sesuai dengan apa yang kita cari atau tidak, pertama-tama kita lihat judulnya terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak dengan yang kita cari, setelah itu kita lihat review penulisnya apakah berbobot atau tidak,Setelah mengetahui bahwa penulisnya baik, maka baca ringkasan buku tersebut, dengan cara Scanning,membaca perlahan pada bagian yang rumit, dan membaca cepat pada bagian yang mudah.
4. Survey artinya mengamati dengan luas, ini berarti melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab

Juna Aidi mengatakan...

1. Referensi harus sesuai dengan penelitian kita karena dari referensi tersebut menjadi sumber acuan kita untuk membuat karya tulis serta jadi dasar pertanggungjawaban kita dalam pembuatan karya tulis.

2. SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.

3. Untuk mengetahui isi jurnal/buku teks tersebut sesuai dengan penelitian adalah dengan melihat judulnya terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak dengan judul, lalu sesuaikan dengan rumusan masalah dan tujuan.

4. Survey adalah melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit.

Widya Susanti mengatakan...

1. memurut saya setiap referensi harus selalu terkait dengan penelitian, karena itu adalah hakikat dari referensi sebenarnya harus ada saling keterkaitan.
2.survey: mengamati dengan luas, Question :memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner.read: membaca literatur literatur penelitian kita.recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita ,
review: kilas balik tentang penelitian kita.
3. Dapat dilihat dari judul penelitian kita dan kita cocokan dengan buku/literatur yang kita ambil kita sesuaikan dengan tema dan topik yang kita ambil.

4. Survey adalah melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit.

Titin Handayani mengatakan...

1. Karena harapannya penelitian yang kita lakukan akan lebih berkembang lagi dari referensi yang kita pakai selain itu juga tidak keluar dari ide pokok permasalahan penelitian kita.

2.Metode SQR3 yaitu pertama melakukan :
- survey = pengamatan/peninjauan secara menyeluruh untuk mendapat suatuinformasi tentang ide-ide pokok yang sesuai dengan penelitian yang akan kita lakukan.
- quetion atau pertanyaan literatur yang kita baca kita coba untuk memunculkan suatu pertanyaan-pertanyaan baru yang dapat mendukungdalam penelitian kita.
- Read / membaca dengan membaca kita akan mengetahui jawaban-jawaban sementara dari pertanyaan yang kita buat sebelumnya.
- Recite meninjau kembali penulisan/penelitian yang sudah kita buat.
- Review mengulang kembali hasil penelitian yang sudah dikerjakan agar menjadi lebih sempurna.

3. pertama kita harus membaca secara keseluruhan sehingga kita mengetahui apakah isi buku sesuai dengan topik atau penelitian kita.

4. Survey adalah melihat/membaca langsung isi buku yang akan kita pakai sebagai referensi sehingga mempermudah kita membuat penulisan karya ilmiah.

Titin Handayani mengatakan...

1. Karena harapannya penelitian yang kita lakukan akan lebih berkembang lagi dari referensi yang kita pakai selain itu juga tidak keluar dari ide pokok permasalahan penelitian kita.

2.Metode SQR3 yaitu pertama melakukan :
- survey = pengamatan/peninjauan secara menyeluruh untuk mendapat suatuinformasi tentang ide-ide pokok yang sesuai dengan penelitian yang akan kita lakukan.
- quetion atau pertanyaan literatur yang kita baca kita coba untuk memunculkan suatu pertanyaan-pertanyaan baru yang dapat mendukungdalam penelitian kita.
- Read / membaca dengan membaca kita akan mengetahui jawaban-jawaban sementara dari pertanyaan yang kita buat sebelumnya.
- Recite meninjau kembali penulisan/penelitian yang sudah kita buat.
- Review mengulang kembali hasil penelitian yang sudah dikerjakan agar menjadi lebih sempurna.

3. pertama kita harus membaca secara keseluruhan sehingga kita mengetahui apakah isi buku sesuai dengan topik atau penelitian kita.

4. Survey adalah melihat/membaca langsung isi buku yang akan kita pakai sebagai referensi sehingga mempermudah kita membuat penulisan karya ilmiah.

donny mengatakan...

1.karena referensi merupakan alat yang membantu kita dalam penelitian/penulisan sehingga kuat dan dapat dipertanggung jawabkan.
2.SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.
3. Untuk mengetahui isi jurnal/buku teks tsb sesuai dgn penelitian adalah dgn melihat judulnya terlebih dahulu apakan sesuai dgn judul, lalu sesuaikan dgn rumusan masalah &tujuan
4. Survey di sini adalah mengamati tema/ topik yang kita ambil untuk selanjutnya menentukan buku/jurnal apa yang sesuai dengan penelitian kita

Meirina tcf mengatakan...

1. Karena tujuan kita mencari referensi untuk mendukung penelitian kita, baik dari ide-ide dan masalah penelitian. Sehingga penelitian yang kita lakukan memiliki dasar (tidak asal-asalan) dan dapat dipertanggungjawabkan.
2. SQ3R adalah metode yang efektif untuk memahami suatu bacaan.
Membaca dengan metode SQ3R terdiri dari 5 proses. Dalam melihat kecocokan dengan referensi/literatur dengan penelitian kita dengan metode SQ3R dapat dilakukan melalui 5 tahap yaitu
- Survey atau meninjau
- Question atau bertanya
- Read atau membaca
- Recite atau menuturkan
- Review atau mengulang
3.Sebaiknya kita melihat ide pokok (intisari atau ikhtisar) dari tiap jurnal atau buku teks yang kita baca. Apabila ide pokok tersebut sesuai dengan apa yang kita butuhkan, kita dapat menyatukan ide tersebut dengan tema/topik yang akan kita buat. Sehingga kita dapat menghemat waktu daripada harus membaca jurnal/buku secara keseluruhan.
4.Survey yaitu kita menemukan ide besar dari referensi/literatur dengan cepat dan efektif. Kita melihat secara sekilas isi buku mulai dari judul utama, sub judul, cover buku bagian belakang yang menjelaskan secara ringkas topik yang dibahas, kata pengantar dari penulis, maupun daftar isi. Lalu membuka secara cepat halaman demi halaman dan memperhatikan bagian kata-kata khusus yang bercetak tebal atau miring, tabel, gambar sambil mencoba mendapatkan ide besar dari buku tersebut. Survey yang sukses akan menghasilkan gambaran umum tentang isi buku dengan cepat dan efektif sekaligus menciptakan minat yang kuat untuk memahaminya.

enni yunita mengatakan...

1.sesuai dengan literatur yg ada agar penelitian yg kita buat dapat menunjang dan mendukung serta dipertanggung jawabkan.
2.SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.
3.Cara mengetahui isi buku teks sesuai atau tidak dengan topik adalah dengan membaca teorinya disesuaikan dengan konsep berfikir pembaca apakah sudah sesuai dengan apa yang diketahui oleh pembaca tersebut.
4.survey = pengamatan/peninjauan secara menyeluruh untuk mendapat suatuinformasi tentang ide-ide pokok yang sesuai dengan penelitian yang akan kita lakukan.

Anonim mengatakan...

1. Dalam melakukan penelitian atau penulisan, kita memang tidak bisa lepas dari referensi dikarenakan literatur yang ada harus sesuai dengan apa yang kita lakukan.

2. Yang dimaksud dengan metoda SQR3 yaitu :
- Survey : pengamatan secara luas
- Question : hal - hal yang perlu dipertanyakan atau memberikan pertanyaan tentang penelitian yang sedang kita lakukan
- Read : membaca literatur yang akan kita gunakan untuk melakukan penelitian agar hasilnya baik
- Recall : melakukan peninjauan kembali terhadap penelitian yang telah kita lakukan agar hasilnya dapat sempurna
- Review :apabila kita belum merasa yakin terhadap apa yang kita lakukan, tidak ada salahnya kita mengulangi tugas yang telah kita lakukan tersebut.

3. Kita dapat mengetahui isi jurnal/buku teks itu telah sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari yaitu kita harus betul - betul dapat memahami dan mengerti metoda - metoda yang digunakan didalam jurnal/buku tersebut.

4. Yang dimaksud dengan survey yaitu melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca,atau sejenis membandingkan isi buku yang satu dengan yang lain.

nuraini naesa mengatakan...

1. Karena harapannya penelitian yang kita lakukan akan lebih berkembang lagi dari referensi yang kita pakai selain itu juga tidak keluar dari ide pokok permasalahan penelitian kita.
2.Membaca dengan metoda SQ3R terdiri atas lima tahapan proses yaitu :
Survey atau meninjau
Question atau bertanya
Read atau membaca
Recite atau menuturkan
Review atau mengulang
3.untuk mengetahui isi buku teks sesuai atau tidak dengan tema yang dicari adalah dengan cara membaca ringkasan buku tersebut. apabila tulisan buku tersebut valid dan bermanfaat sesuai dengan tema yang kita cari maka buku tersebut cocok untuk menjadi salah satu acuan belajar kita.
4.survey adalah penelitian dengan cara mengamati dan menganalisis data melalui hipotesa sesuai dengan indikator dan biasanya juga bsurvey dapat dilakukan dengan menyebarkan kuesioner /wawancara

Anonim mengatakan...

Misti Azizah

1. Dalam melakukan penelitian atau penulisan, kita memang tidak bisa lepas dari referensi dikarenakan literatur yang ada harus sesuai dengan apa yang kita lakukan.

2. Yang dimaksud dengan metoda SQR3 yaitu :
- Survey : pengamatan secara luas
- Question : hal - hal yang perlu dipertanyakan atau memberikan pertanyaan tentang penelitian yang sedang kita lakukan
- Read : membaca literatur yang akan kita gunakan untuk melakukan penelitian agar hasilnya baik
- Recall : melakukan peninjauan kembali terhadap penelitian yang telah kita lakukan agar hasilnya dapat sempurna
- Review :apabila kita belum merasa yakin terhadap apa yang kita lakukan, tidak ada salahnya kita mengulangi tugas yang telah kita lakukan tersebut.

3. Kita dapat mengetahui isi jurnal/buku teks itu telah sesuai atau tidak dengan tema/topik yang kita cari yaitu kita harus betul - betul dapat memahami dan mengerti metoda - metoda yang digunakan didalam jurnal/buku tersebut.

4. Yang dimaksud dengan survey yaitu melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca,atau sejenis membandingkan isi buku yang satu dengan yang lain.

Handi sofandy mengatakan...

1.Karena untuk menunjang atau mendukung suatu penelitian terkait sebagai landasan atau acuan dari penelitian.
2.Yang dimaksud dengan metoda SQR3 yaitu :
- Survey : pengamatan secara luas
- Question : hal - hal yang perlu dipertanyakan atau memberikan pertanyaan tentang penelitian yang sedang kita lakukan
- Read : membaca literatur yang akan kita gunakan untuk melakukan penelitian agar hasilnya baik
- Recall : melakukan peninjauan kembali terhadap penelitian yang telah kita lakukan agar hasilnya dapat sempurna
- Review :apabila kita belum merasa yakin terhadap apa yang kita lakukan, tidak ada salahnya kita mengulangi tugas yang telah kita lakukan tersebut.
3.Baca judul dan sub judul dari isi buku tersebut, apakah sudah sesuai dengan tema yang kita cari.Perhatikan ilustrasi gambar gambar yang disediakan agar dapat mendapat informasi yang lebih jauh tentang isi dari buku tersebut.Cari kata kunci dari cover buku sehingga anda dapat menganalisa apa yang dituliskan di buku tersebut.
4.Survey : pengamatan secara luas

SINGGIH WIDYO JATMIKO mengatakan...

1. karena apa yang kita jadikan literatur harus sesuai dengan yang kita tulis agar penelitian yg kita buat dapat dipertanggung jawabkan

2. SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.

3. caranya ialah kita lihat dan baca judul penelitian kita dan kita sesuaikan dengan buku/literatur yang akan kita ambil lalu sesuaikan dengan tema dan topik yang kita ambil

4. survey adalah mengamati dengan luas dengan cara menganalisis data data melalui hipotesa sesuai dengan indikator yang sesuai dengan kriteria dalam suatu bidang serta melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca,atau sejenis membandingkan isi buku yang satu dengan yang lain...

harys sutanto mengatakan...

1. menurut pendapat saya : referensi harus di jadikan konsep / dasar dari bahan-bahan penelitian yang akan kita teliti ,karena apabila penelitian yang tidak sesuai dengan konsep/teori yang sudah ada,sudah tentu tidak terjadi kesinambunganakan permasalhan yang di tulis.
2. SQR3 :
- survey : mengamati
- Question : memberi pertanyaan,
- Read :membaca dg teliti referensi
- recite : menuturkan isi dr literetur
- review : mengulang kembali apa yg kita baca
_ recal : meninjau kembali refensi apa yg lebih sesuai dg tema yg kita ambil.
3.pertama kita harus membaca secara keseluruhan sehingga kita mengetahui apakah isi buku sesuai dengan topik atau penelitian kita.
4. Untuk mengetahui kecocokan isi referensi/literatur dengan metode SQR3, maka S adalah survey, coba saudara jelaskan, apa yang dimaksud dengan survey disini.
survey maksudnya adalah melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca,atau sejenis membandingkan isi buku yang satu dengan yang lain...

yasir fitrialdilla mengatakan...

1. Referensi harus sesuai dengan penelitian kita karena dari referensi tersebut menjadi sumber acuan kita untuk membuat karya tulis serta jadi dasar pertanggungjawaban kita dalam pembuatan karya tulis serta jika referensi tidak sesuai dengan penelitian maka tinjauan pustakanya tidak baik

2. SQR3 yaitu survey: mengamati dengan luas, Question : memberikan pertanyaan tentang apa yang kita teliti seperti quisioner, read: membaca literatur2 penelitian kita, recall : meninjau kembali penulisan penelitian kita , review: kilas balik tentang penelitian kita.

3. Untuk mengetahui isi jurnal/buku teks tersebut sesuai dengan penelitian adalah dengan melihat judulnya terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak dengan judul penelitian kita, lalu sesuaikan dengan rumusan masalah dan tujuan.

4. Survey adalah melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca.

lissa prantauwaty mengatakan...

1.Karena tujuan kita mencari referensi adalah untuk mencari kebenaran ilmiah dari topik/tema yang kita angkat.
2.metode SQR3 adalah:
survei:melihat keseluruhan isi buku denagan cara membaca cepat untuk mengetahui keterkaitan referensi dengan tema.
question:membuat pertanyaan terhadap literatur,apakah data-data yang diperlukan ditemukan validitasnya dalam referensi tersebut.
read:membaca keseluruhan bagian-bagian penting yang memberikan validitas terhadap tema.
recite/recall:mengulang kembali apa yang kita dapatkan dari referensi yang sudah kita baca.
review:meninjau/memeriksa kembali apakah data-data yang kita peroleh dari literatur sudah menjawab semua pertanyaan yang kita ajukan dan ada kesingkronannya dengan tema.
3.pertama-tama dengan cara melihat judul buku,melihat daftar isi & melihat sub-sub pokok bahasannya.kemudian kita gunakan metode SQR3.
4.survei:melihat keseluruhan isi buku denagan cara membaca cepat untuk mengetahui keterkaitan referensi dengan tema.

Desna Annisa mengatakan...

Desna Annisa
1.karena dari referensi itulah kita dapat memperolah gamabran atau informasi tentang penulisan yang akan kita buat
2. Metoda SQ3R memberikan strategi yang diawali dengan membangun gambaran umum tentang bahan yang dipelajari, menumbuhkan pertanyaan dari judul/subjudul suatu bab dan dilanjutkan dengan membaca untuk mencari jawaban dari pertanyaan.
Lima Tahap Metoda SQ3R
a. SURVEY
Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca.
b. QUESTION
Setelah kerangka pemikiran suatu bab diperoleh, mulai perhatikan kepala judul/subbab yang biasanya dicetak tebal. Perhatikan kepala judul ini satu per satu dan ubah kepala judul ini jadi beberapa pertanyaan.
c. READ
Dengan membaca, kita mulai mengisi informasi ke dalam kerangka pemikiran bab yang kita buat pada proses Survey
d. RECITE
Pada umumnya kita cepat sekali lupa dengan bahan yang telah dibaca. Dengan melakukan proses Recite ini kita bisa melatih pikiran untuk berkonsentrasi dan mengingat bahan yang dibaca. Proses ini dilakukan setelah kita menyelesaikan suatu subbab.
e. Review
Review membantu kita untuk meyempurnakan kerangka pemikiran dalam suatu bab dan membangun daya ingat kita untuk bahan pada bab tersebut.

3. Sebaiknya kita melihat ide pokok (intisari atau ikhtisar) dari tiap jurnal atau buku teks yang kita baca. Apabila ide pokok tersebut sesuai dengan apa yang kita butuhkan, kita dapat menyatukan ide tersebut dengan tema/topik yang akan kita buat. Sehingga kita dapat menghemat waktu daripada harus membaca jurnal/buku secara keseluruhan, selain itu kita juga dapat memperoleh informasi yang leih jelas dengan melihat gamabr-gamar yang tertera pada buku/jurnal tersebut.

4. SURVEY
Dengan melakukan peninjauan dapat dikumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca. Peninjauan untuk satu bab memerlukan waktu 5-10 menit. Apa yang ditinjau?Baca Judul Hal ini dapat membantu untuk memfokuskan pada topik bab
Baca Pendahuluan Memberikan orientasi dari pengarang mengenai hal-hal penting dalam bab
Baca kepala judul/subbab Memberikan gambaran mengenai kerangka pemikiran
Perhatikan grafik, diagram Adanya grafik, diagram dan gambar ditujukan untuk memberikan informasi penting sebagai tambahan atas teks
Perhatikan alat Bantu baca Termasuk huruf miring, definisi, pertanyaan di akhir bab yang ditujukan untuk membantu pemahaman dan mengingat.

husin junaidi mengatakan...

1. hubungan antara referensi
dengan penelitian yang kita ambil ,dapat memberikan gambaran pelaksanaan kegiatan penelitian yang akan dikerjakan dimulai pengajuan judul sampai ujian sidang skripsi
2.SQR3 :
- survey : mengamati
- Question : memberi pertanyaan,
- Read : membaca dg teliti referensi
- recite : menuturkan isi dr literetur
- review : mengulang kembali apa yg kita
baca
_ recal : meninjau kembali refensi apa yg
lebih sesuai dg tema yg kita ambil.
3. Dengan cara membaca ringkasan sumary yang kita lihat. A.teorinya. B.konsep berfikirnya. C. Epidemologinya. D,kejadian biologisnya. D. Hasil penelitiannya
4. Yang di maksut pengamatan/menarik kesimpulan-kesimpulan apakah literatur tersebut singkron dengan manfaat penelitian

evi jauhari mengatakan...

1. Supaya hubungan antara referensi dengan penelitian yang kita ambil sesuai dengan teori yang ada, sehingga saling berkaitan satu sama lainnya.
2. SQR3 :
- Survey : Pengamatan
- Question : Memberi pertanyaan
- Read :Membaca dengan teliti
- Recite : Menuturkan / Memaparkan isi dari literatur
- Review : Mengulang kembali apa yang kita baca
- Recal : Meninjau kembali referensi apa yang sesuai dg tema kita ambil
3. Merangkum ringkasan buku teks / jurnal
4. Survey adalah dengan cara mengamati atau melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mengetahui keterkaitan referensi dengan tema.

Lilis Suryani mengatakan...

1.Karena dengan literatur yang bersangkutan dapat membantu peneliti mempertajam ( mempersempit dan atau memperjelas ) perumusan masalah dan tujuan penelitian.
2.SQR3 Yaitu :
S :Survey ( Meninjau )
Q :Question ( Bertanya )
R :Read ( Baca )
R :Recite ( Mengutarakan Kembali )
R :Review ( Mengulang Kembali )
3. menemukan judul yang sesuai, kemudian lihat review penulisan ( Riwayat Singkat )sehingga kita tau penulisanya berbobot atau tidak.Setelah mengetahui bahwa penulisanya baik, maka baca ringkasan buku tersebut, kalau tulisan valid dan bermanfaat sesuai dengan tema / topik yang kita cari, maka kita bisa lanjutkan menbacanya.
4. Survey yaitu menyediakan waktu beberapa menit untuk mengerti keseluruhan anatomi buku yang meliputi bagian pendahuluan, bagian isi buku ( yang menggambarkan urutan dan tata penyajian isi buku )bagian akhir buku ( kesimpulan, saran dan daftar pustaka )
Semua unsur dibaca sekilas, minimal untuk memberikan gambaran isi, kemenarikan, dan kemanfaatanya.

Welly Rizkianti mengatakan...

1. Menurut saya setiap referensi harus selalu terkait dengan penelitian, karena itu adalah hakikat dari referensi sebenarnya harus ada saling keterkaitan.
2.- survei atau meninjau
- question atau bertanya
- read atau membaca
- recite atau menuturkan
- review atau mengulang
3. Dengan cara membaca daftar isi dan sebagian isi dari buku referensi/literatur tersebut.
4. Survey adalah suatu proses dengan melakukan peninjauan dengan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk memfokuskan perhatian saat membaca.