ELEARNING MP1 KE-3












13 komentar:

indah suryani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
furqon mengatakan...

1. Alasan saya memang didalam pasar harus terdapat wc umum, pembuangan sampah dan limbah yang baik karena itu semua merupaka sebuah upaya untuk hidup sehat dan terhindar dari penyakit dan dilihat dari fungsi puskesmas itu sendiri sebagai peggerak pembangunan berwawasan kesehatan, pusat pemberdayaan dan pusat pelayanan memang sudah seharusnya petugas kesehatan harus mampu melayani masyarakat, memberikan informasi, dan memberikan saranana pasarana yang berbasis kesehatan masyarakat yang mencakup ruang kerja wilayah puskesmas itu sendiri sesuai dengan tujuan nya yaitu derajat kesehatan masyarakat yang makin lebih baik lagi atau meningkat.

2. Salah satu contoh fungsi puskesmas sebagai pusat pemberdayaan masyarakat dibidag kesehatan anataralain adalah kegiatan klinik sanitasi. Klinik sanitasi merupakan suatu upaya kegiatan yang mengintegrasikan layanan kesehatan promotif, preventif, dan kuratif yang difokuskan pada penduduk yang beresiko tinggi untuk mengatasi masalah penyakit berbasis lingkungan dan masalah kesehatan lingkungan pemukiman yang dilakukan oleh petugas Puskesmas bersama masyarakat yang dapat dilaksanakan secara pasif dan aktif di dalam dan di luar Puskesmas. Dari penjelasan tersebut jelas bahwa masing-masing pihak, baik pihak Puskesmas maupun masyarakat memiliki peran dalam upaya ini. Lebih jelasnya adalah Puskesmas berperan menyelenggarakan pelaksanaan klinik sanitasi di dalam dan di luar gedung Puskesmas (terjun langsung ke RW/ daerah binaanya), mengumpulkan dan mengolah data tentang kualitas lingkungan, melakukan pengawasan, penilaian dan perbaikan kualitas lingkungan.

3. Analisa situasi adalah salah satu tahapan awal dalam upaya menyelesaikan suatu masalah. Salah satu contoh jika tejadi suatu masalah kesehatan sebagai tenaga kesehatan sebelum melakukan tindakan yang tepat, terlebih dahulu harus melakukan identifikasi masalah atau analisa situasi agar tindakan yang dilakukan tepat dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

indah suryani mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
ria margaretah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
duwi septiana mengatakan...

1. fungsi puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan, alasannya agar lingkungan pasar bersih terhindar dari limbah dan sampah yang berserakan, agar tidak menimbulkan penyakit, jalan tidak licin dan membahayakan para pembeli maupun penjual yang bisa saja terjatuh saat melewati jalan yang licin tersebut.adanya kamar mandi dan wc di pasar agar pembeli dan penjual di pasar lebih mudah karena jaraknya dekat jika ingin ke kamar mandi maupun wc untuk sekedar mencuci tangan, BAK maupun BAB, karena mereka tidak harus pulang kerumah masing-masing.
2. contoh lain fungsi puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan,misalnya para pekerja yang membersihkan kaca di gedung bertingkat harus menggunakan APD(alat pelindung diri) contohnya HELM(pelindung kepala),menggunakan sepatu yang tidak licin, menggunakan masker dan sabuk keselamatan, untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja
3. analisis situasi adalah proses pengumpulan informasi atau pengumpulan data untuk mencari masalah-masalah di lapangan sebelum merencanakan program yang mencakup jenis dan bentuk kegiatan, tindakan dan strategi yang akan diambil serta anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan program tersebut.

Desta Tri Yani mengatakan...

1. fungsi puskesmas adalah;
- Berupaya menggerakkan lintas sektor dan dunia usaha di wilayah kerjanya agar menyelenggarakan pembangunan yang berwawasan kesehatan,
Aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggaraan setiap program pembangunan di wilayah kerjanya
2. contoh pemberdayaan masyrakat:
- kader
- posyandu
- polindes
- posyandu lansia
- UKBM
3. Analisis situasi merupakan tahap pengumpulan data yang ditempuh peneliti sebelum merancang dan merencanakan program.Analisis situasi bertujuan untuk mengumpulkan informasi mencakup jenis dan bentuk kegiatan, pihak atau publik yang erlibat, tindakan dan strategi yang akan diambil, taktik, serta anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan program.

agung nugroho mengatakan...

1. Dengan adanya kamar mandi, WC, dan saluran limbah yang baik dan serta penampungan limbah dan sampah membentuk masyarakat agar mandiri , dan bisa hidup sehat dengan adanya sarana tersebut dapat meminimalisir terjadinya wabah penyakit di pasar. Dengan demikian masyarakat tidak membuang sampah sembarang yang mengakibatkan kotornya lingkungan disekitan dan dapat menjadi suatu wabah penyakit,

2. Salsah satu contoh fungsi puskesmas sebagai pusat pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan antara lain adalah kegiatan pembinaaan UPGK. Pembinaan UPGK merupakan kegiatan kunjungan petugaas puskesmas ketiap posyandu desa atau RW. Selain itu kegiatan ini meliputi penyuluhan, pemberian nasehat pada masyarakat ataupun kader atau volunterdi desa atau di RW tersebut

3. Analsisa situasi adalah salah satu upaya untuk menyelesaikan suatu masalah, analisis situasi merupakan langkah awal dalam Siklus Pemecahan Masala. Dalam Proses pemecahan masalah diharapkan benar-benar memecahkan masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Semua itu memerlukan dukungan informasi yang tepat

indah suryani mengatakan...

1.karena terdapat dalam fungsi puskesmas sudah jelas bahwa wc, kamar mandi dan saluran rimbah,, dan tempat pembuangan sampah karena, jika hal tersebut tidak ada maka akan membuat pasar jadi kelihatan kotor dan bisa jadi sumber penyakit. karena pasar adalah terdapat banyak sekali sampah sampah yang perlu tempat pembuangan agar tidak tersdapat banyak jenis jenis penyakit.

2 tiga fungsi puskesmas
1) Pusat Penggerak Pembangunan Berwawasan Kesehatan
Berupaya menggerakkan lintas sektor dan dunia usaha di wilayah kerjanya agar menyelenggarakan pembangunan yang berwawasan kesehatan,
Aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari penyelenggaraan setiap program pembangunan di wilayah kerjanya

2) Pusat Pemberdayaan Masyarakat:
Berupaya agar perorangan terutama pemuka masyarakat, keluarga dan masyarakat :
Memiliki kesadaran, kemauan dan kemampuan melayani diri sendiri dan masyarakat untuk hidup sehat
Berperan aktif dalam memperjuangkan kepentingan kesehatan termasuk pembiayaan
Ikut Menetapkan menyelenggarakan dan memantau pelaksanaan program kesehatan
Membina peran serta masyarakat di wilayah kerjanya dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk hidup sehat
Merangsang masyarakat termasuk swasta untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka menolong dirinya sendiri.
Memberikan petunjuk kepada masyarakat tentang bagaimana menggali dan menggunakan sumberdaya yang ada secara efektif dan efisien.

3) Pusat Pelayanan Kesehatan Strata Pertama
Menyelenggarakan pelayanan kesehatan tingkat pertama (primer) secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan (kontinyu) mencakup :
Pelayanan kesehatan perorangan
Pelayanan kesehatan masyarakat.
Melihat fungsi puskesmas yang sangat strategis sebagai penggerak pembangunan kesehatan terdepan di tengah masyarakat, maka diperlukan kebijakan umum seperti dukungan dana, anggaran, sarana dan tenaga yang berkompeten, dari para penentu kebijakan berwenang yang dapat memberdayakan pelayanan puskesmas secara maksimal.

3. Analisis situasi merupakan tahap pengumpulan data yang ditempuh peneliti sebelum merancang dan merencanakan program.Analisis situasi bertujuan untuk mengumpulkan informasi mencakup jenis dan bentuk kegiatan, pihak atau publik yang terlibat, tindakan dan strategi yang akan diambil, taktik, serta anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan program.

desy lifasari mengatakan...

1. Hal tersebut diatas termasuk dalam fungsi puskesmas yang pertama yaitu sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan. Karna dengan dibangunnya kamar mandi, wc, saluran air limbah yang baik serta tempat penampungan air limbah dan sampah diharapkan mampu untuk meningkatkan derajat kesehatan. Karena sesuatu hal itu harus dimulai dari yang terkecil. Misalnya saja kamar mandi. Banyak di kawasan pedesaan yang kamar mandinya berada jauh dari rumah ataupun diluar rumah bahkan ada yang tidak memiliki jamban. Ini merupakan hal yang sangat miris karena kamar mandi merupakan sarana yang cukup penting bagi kehidupan. Maka dari itu petugas kesehatan harus membangun kerjasama dengan tokoh masyarakat setempat untuk mewujudkan fasiltas ataupun sarana kamar mandi di setiap rumah serta memberikan sosialisasi tentang bagaimana pentingnya kesehatan sehingga hal tersebut dapat terwujud. Membuat kamar mandipun lebih baik berada di dalam rumah. Selain mempermudah dalam mengaksesnya tetapi juga agar kita dapat membersihkannya secara rutin karena kamar mandi merupakan tempat berkembangnya banyak kuman apabila tidak dibersihkan.
2. menurut saya salah satu contoh dari pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan seperti adanya pelatihan-pelatihan kepada para kader. Dengan adanya pelatihan untuk para kader diharapkan dapatmembantu dalam menyadarkan masyarakat agar mau untuk hidup sehat. Karena kader turun langsung ke masyarakat dan kader biasanya diambil dari salah satu warga di masyarakat yang mampu menjalankan amanat dan memiliki keahlian persuasi agar seseorang mau untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh kader.
3. analisis situasi adalah proses pengumpulan data atau informasi sebelum melaksanakan perencanaan suatu program yakni mencakup jenis dan bentuk kegiatan, pihak atau publik yang terlibat, tindakan dan strategi yang akan diambil, taktik, serta anggaran biaya yang diperlukan dalam melaksanakan programtersebut.

ita Paramitha mengatakan...

1.fungsi, puskesmas pusat penggerak pembangunan kesehatan, karena pentingnya2 puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan kesehatan yg bkrj sama dg lintas sektoral agar menguapayakan pembangunan-pembangunan dpt sesuai dg standar kesehatan atau berbasis kesehatan, terutama di tmpat umum sprt psar, jika pmbuatan dn penyediaan pembangunan saja tdk berbasis kesehatan, bgmn bisa berfungsi dg baik,dn dpt menja2di s3umber masalah yg menimbulkan penyakit akhirnya kesehatan pun terganggu.
2.Salah satu contoh fungsi puskesmas sebagai pusat pemberdayaan masyarakat dibidag kesehatan anataralain adalah UKBM-UKBM yg berbasis kesehatan sprti :Poskestren merupakan salah satu wujud UKBM di lingkungan Pondok Pesantren dengan prinsip dari, oleh, untuk warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayanan promotif dan preventif tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif dengan binaan Puskesmas setempat
3. Analisa situasi adalah salah satu tahapan awal dalam upaya menyelesaikan suatu masalah. dg fktor internal dan eksternal nya.cnth dg analisis SwOT analisis SWOT merupakan suatu cara untuk mengetahui faktor dan unsur penentu suatu institusi secara sistematis untuk melakukan evaluasi kondisi lingkup kegiatan dan selanjutnya dapat digunakan untuk merumuskan strategi pembangunan institusi sesuai dengan kondisi dan potensi yang dimilikinya.
Salah satu contoh jika tejadi suatu masalah kesehatan sebagai tenaga kesehatan sebelum melakukan tindakan yang tepat, terlebih dahulu harus melakukan identifikasi masalah atau analisa situasi agar tindakan yang dilakukan tepat dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

ria margaretah mengatakan...

jawaban:
1.mengapa harus sesuai dengan fungsi puskesmas yang terdiri dari penggerak pembangunan berwawasan kesehatan,pemberdayaan kesehatan masyarakat,dan pusat pelayanan kesehatan.
terutama pada contoh yang di berikan oleh pertanyaan tersebut bawasannya kita harus mengupayakan setiap pembangunan di mana pun wilayahnya selalu berwawasan kesehatan dan bersanitasi lingkungan,serta tetap menjaga selalu kesehatan keselamatan kerja,dan menghindari dari dampak penyebaran penyakit.
karna bila dalam suatu desa terdapat pasar dan tidak di berikan fasilitas seperti wc,pembuangan sampah,dan air limbah maka akan terjadilah dampak penyebaran penyakit contoh diare,DBD,Malaria dll.
oleh karna itu kita setiap membangun wilayah harus selalu berwawasan kesehatan,dan sesuai dengan fungsi utama puskesmas.

2.puskesmas pula dapat berfungsi untuk membantu pemerintah membuat program-program kesehatan berbasis masyarakat melaui Puskesmas. Program-program kesehatan berbasis masyarakat dirasa penulis efektif dalam memberikan pendidikan kesehatan pada masyarakat karena tidak semua upaya untuk sehat membutuhkan pelayanan medis tapi juga harus didukung dengan perilaku sehat, lingkungan yang bersih dan sehat.
dan dapat menjadi
fungsi Klinik sanitasi yang merupakan suatu upaya kegiatan yang mengintegrasikan layanan kesehatan promotif, preventif, dan kuratif yang difokuskan pada penduduk yang beresiko tinggi untuk mengatasi masalah penyakit berbasis lingkungan dan masalah kesehatan lingkungan pemukiman yang dilakukan oleh petugas Puskesmas bersama masyarakat yang dapat dilaksanakan secara pasif dan aktif di dalam dan di luar Puskesmas.

3.analisa Situasi lingkungan masyarakat yang memberikan dampak negatip bagi kesehatan merupakan tantangan diluar sistem kesehatan masyarakat sebagai contoh wabah penyakit baru seperti flu burung dan HIV/AIDS dimana Indonesia berada sangat dipengaruhi lalu lintas dunia baik arus manusia maupun barang termasuk kandungan makanan dan minuman.
Kondisi ideal bahwa sistem kesehatan masyarakat saat ini seharusnya selalu dapat di monitor dan evaluasi agar mampu diperbaiki dan diarahkan menjadi suatu sistem kesehatan masyarakat nasional yang mampu menjamin kesehatan masyarakat dan selalu mengikuti perkembangan jaman. Pemahaman terhadap sistem kesehatan masyarakat harus dipandang sebagai suatu sistem yang memiliki kejelasan terhadap faktor lingkungan sistem, faktor masukan sistem, pelaku dan prosedur atau metoda proses sistem, faktor keluaran sistem baik output dan outcome serta alat ukur umpan balik sistem yang handal.

hendri susanto fkm mengatakan...

1. Dengan adanya kamar mandi, WC, dan saluran limbah yang baik serta penampungan limbah dan sampah itu bisa membuat lingkungan pasar jadi bersih dan dapat menekan penyakit sehingga masyarakat itu tidak ragu pergi kepasar. jika di pasar tidak terdapat pembuangan limbah dan sampah kemungkinan besar masyarakat saat pulang ke rumah membawa bakteri atau kuman yang dapat menginfeksi tubuh untuk menjadi sakit, karena limbah sampah dan sampah itu adalah gudangnya kuma, bakteri, dan jamur.
2. Fungsi puskesmas yaitu: pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan
a. Berupaya menggeraka dan memantau penyelenggaaan pembangunan lintas sektor termasuk oleh masyarakat dan dunia usaha di wilayah kerjanya, sehingga berwawasan serta mendukung pembangunan kesehatan.
b. Aktif memantau dan melaporkan dampak kesehatan dari setiap penyelenggarapembangunan di wilayah kerjanya
3. Analisa situasi adalah salah satu tahapan awal dalam upaya menyelesaikan suatu masalah.saat melakukan tindakan suatu masalah kesehatan yang tepat, terlebih dahulu harus melakukan identifikasi masalah atau analisa situasi agar tindakan yang dilakukan tepat dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Mustofa Fkm mengatakan...

1. fungsi puskesmas sebagai pusat penggerak pembangunan berwawasan kesehatan dan alasannya karena dengan adanya fasilitas tersebut dapat memberikan rasa nyaman bagi para pedagang maupun pengunjung yang datang di pasar tersebut dan juga dapat mencegah terjadinya pencemaran lingkungan yg diakibatkan sampah maupun limbah dari aktifitas dipasar tersebut.

2. memberdayaan perorangan, keluarga, masyarakat dengan memperhatikan kondisi dan situasi khususnya sosial dan budaya didaerah tersebut.

3. Analisis situasi merupakan langkah awal dalam Problem Solving Cycle (Siklus Pemecahan Masalah). Dalam proses pemecahan masalah selalu dimulai dari analisis situasi. Proses pemecahan masalah diharapkan benar-benar memecahkan masalah kesehatan yang ada di masyarakat. Semua itu memerlukan dukungan informasi yang tepat dari proses analisis situasi.
Tujuan analisis situasi itu sendiri adalah untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang kondisi kesehatan di suatu daerah yang akan berguna untuk menetapkan permasalahan (identifikasi masalah).